AS dan Israel Keluar dari UNESCO

2859

Moslemtoday.com : Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan bahwa Israel keluar dari UNESCO, Badan Khusus PBB yang fokus pada pada pengembangan pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan dunia.

Netanyahu meminta Carmel Shama Hacohen, Dubes Israel di PBB untuk menyerahkan surat pengunduran diri Israel dari badan tersebut yang mulai berlaku pada akhir tahun, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Sabtu, (23/12/17).

Israel menyusul langkah AS yang telah duluan keluar pada 12 Oktober lalu. AS keluar dari UNESCO dengan alasan keuangan dan UNESCO dinilai anti-Israel terkait dengan konflik yang terjadi dengan Palestina.

Pada tahun 2016, UNESCO secara resmi menyatakan sebuah resolusi bahwa kompleks Al-Haram Al-Sharif (Masjidil Aqsa) milik Palestina dan menolak klaim Israel atas kompleks tersebut.

Resolusi tersebut juga menyerukan kepada Israel untuk mengakhiri pendudukan atas wilayah tersebut dan memulihkan “status quo”, di mana Organisasi Urusan Wakaf Al-Aqsa yang dikelola oleh Yordania menjalankan wewenang eksklusif atas kompleks tersebut.

Teks resolusi tersebut juga mengecam keras “meningkatnya agresi dan tindakan ilegal Israel” terhadap pelanggaran hak asasi manusia dan pelanggaran HAM terhadap umat Islam di lokasi tersebut.

UNESCO dibentuk setelah Perang Dunia II, yang bertujuan untuk meningkatkan pertukaran informasi lintas budaya, dan dikenal di seluruh dunia sebagai lembaga untuk program Warisan Dunia. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here