AS Desak Turki untuk Tetap Fokus pada ISIS, bukan menyerang Milisi Kurdi

681

Moslemtoday.com : Departemen Luar Negeri AS mendesak Turki untuk tidak melakukan operasi militer menyerang misili Kurdi di wilayah Afrin, Suriah. AS meminta Ankara untuk tetap fokus memerangi militan ISIS di wilayah tersebut.

“Kami akan memanggil orang-orang Turki untuk tidak melakukan tindakan semacam itu. Kami tidak ingin mereka terlibat dalam kekerasan tapi kami ingin mereka tetap fokus pada ISIS,” ungkap Heather Nauert, Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS ketika ditanya tentang tanda-tanda bahwa Turki bersiap untuk menyerang milisi Kurdi di wilayah Afrin, seperti dilansir dari Reuters, Jumat, (19/1/18).

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa AS membentuk “pasukan teror” di perbatasan selatan negaranya dengan melatih sebuah kekuatan baru di Suriah yang berafiliasi dengan organisasi teroris PKK/PYD.

Pernyataan Erdogan muncul setelah laporan mengungkapkan rencana AS untuk membentuk angkatan bersenjata baru dengan 30.000 pasukan yang berasal dari pejuang Kurdi di Suriah utara.

Menurut laporan media mengutip pejabat AS, koalisi pimpinan AS akan merekrut sekitar setengah dari pasukan Angkatan Bersenjata Suriah (SDF), pasukan bersenjata yang didominasi oleh People’s Protection Unit (YPG).

Ankara menganggap pejuang YPG Kurdi sebagai organisasi “teroris” yang memiliki hubungan dengan pemberontak Kurdi (PKK) di Turki. Sementara itu, AS memandang YPG sebagai kekuatan tempur yang sangat efektif melawan ISIS. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here