AS Kecam Arab Saudi Karena Langgar Kebebasan Beragama

1624

Moslemtoday.com : AS melontarkan kecaman kepada Arab Saudi terkait kebebasan beragama. Kritikan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson dalam pernyataannya saat melakukan konferensi pers di Kementerian Luar Negeri AS, Selasa, (15/8/2017).

Rex Tillerson mengatakan Arab Saudi seharusnya memberikan tingkat kebebasan beragama yang lebih tinggi untuk semua warganya. Tillerson mengkritisi penegakan hukuman Islam bagi ateisme, penerapan hukum Qisas, serta serangan dan diskriminasi yang menargetkan kaum Syi’ah.

Tillerson juga menuturkan bahwa Arab Saudi telah menggunakan undang-undang Anti-terorisme untuk menargetkan warganya yang atheis dan kaum Syi’ah. Demikian seperti yang dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (16/8/2017).

Tillerson kemudian juga mengkritik beberapa negara Timur Tengah lainnya yakni : Bahrain, Turki, Sudan dan Pakistan. Dia mengatakan bahwa Bahrain telah mendiskriminasikan masyarakat Syi’ah. Sementara Turki dinilai sangat membatasi pergerakan kelompok-kelompok minoritas.
Sedangakn di Pakistan, menurut laporan itu kebebasan beragama telah mati karena tekanan terhadap kelompok Ahmadiyah yang dianggap orang Pakistan sebagai Non-Muslim. Sedangkan di Sudan, Tillerson melaporkan bahwa pemerintah Sudan telah menangkap dan mengintimidasi pendeta dan menghalangi pembangunan gereja sambil menghancurkan yang sudah ada. (DH/MTD)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here