(Update) AS Resmi Buka Kantor Kedutaan di Jerusalem, Negara-negara mana yang hadir?

1965

Moslemtoday.com : Amerika Serikat telah secara resmi membuka kantor kedutaan besarnya di Jerusalem pada hari Senin, 14 Mei 2018 di tengah aksi protes mematikan di Jalur Gaza menentang pemindahan kedubes tersebut dari Tel Aviv ke Jerusalem, Palestina. Dilaporkan sudah 37 warga Palestina tewas ditembak oleh tentara Israel dalam bentrokan yang pecah menentang pembukaan kantor Kedutaan tersebut.

Keputusan untuk memindahkan kedubes AS tersebut merupakan janji Presiden AS, Donald Trump yang telah mengakui kota suci tersebut sebagai Ibu Kota Israel akhir tahun lalu yang memicu protes keras dari dunia Muslim dan masyarakat Internasional.

Sebagian besar negara mengatakan bahwa Jerusalem berada dalam “status quo” yang merupakan kota suci bagi tiga agama : Yahudi, Kristen dan Islam. Kementerian luar negeri Israel mengatakan bahwa 86 negara yang memiliki misi diplomatik dengan Israel telah diundang untuk peresmian kantor kedutaan AS tersebut, 33 negara dikonfirmasi menghadiri upacara peresmian tersebut.

Berikut negara-negara yang menghadiri upacara peresmian Kedutaan Besar AS untuk Israel di Kota Jerusalem, Palestina :

A: Albania, Angola, Austria

C: Cameroon, Republic of the Congo, the Democratic Republic of the Congo, Ivory Coast, Czech Republic

D: Dominican Republic

E: El Salvador, Ethiopia

G: Georgia, Guatemala

H: Honduras, Hungary

K: Kenya

M: Myanmar, Former Yugoslav Republic of Macedonia

P: Panama, Paraguay, Peru, Philippines

R: Romania, Rwanda

S: Serbia, South Sudan

T: Tanzania

U: Ukraine

V: Vietnam

Z: Zambia

Ralat dari Al Jazeera : 15/05/2018: Pada berita sebelumnya, disebutkan bahwa Nigeria dan Thailand menghadiri peresmian kedutaan AS di Jerusalem. Ini tidak benar, dan Al Jazeera telah meralatnya seperti daftar terbaru dan sudah dilakukan revisi pada berita ini di Moslemtoday.com.

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here