As-Sisi Pecat Kepala Badan Intelijen Mesir

641

Moslemtoday.com : Presiden Mesir Abdel Fattah As-Sisi memecat kepala badan intelijen Mesir dalam perombakan struktur terbaru dari dinas keamanan negara tersebut.

As-Sisi menunjuk kepala staf sekaligus orang terdekatnya Jenderal Abbas Kamel sebagai pengganti sementara untuk menggantikan Jenderal Khaled Fawzy yang dipecatnya, seperti dilansir dari Al Arabiya, Jumat, (19/1/18).

Tidak ada alasan yang diberikan untuk pemecatan tersebut. Perombakan struktur ini terjadi menjelang pemilihan presiden yang akan diadakan pada bulan Maret mendatang.

As-Sisi yang telah memerintah Mesir dengan tangan besi sejak 2014, belum secara resmi menyatakan dirinya ikut dalam pemilihan mendatang, namun ia secara luas diperkirakan akan ikut pemilihan dan menang.

As-Sisi yang terpilih pada tahun 2014 setahun setelah memimpin kudeta militer menggulingkan pendahulunya Mohamed Morsi, telah mendapat serangkaian serangan dalam aksi demonstrasi berdarah menentang kudeta tersebut.

Pada bulan Oktober lalu, As-Sisi menunjuk seorang kepala staf angkatan bersenjata baru dan mengumumkan perubahan dalam posisi keamanan utama setelah 16 petugas polisi Mesir tewas di Gurun Barat, sekitar 200 kilometer barat daya Kairo.

As-Sisi dijuluki “teman pengkhianat” oleh pers, dia telah menjadi kepala staf presiden sejak 2010 dan mengepalai intelijen militer, kemudian menjadi menteri pertahanan di era Mursi lalu menjadi Presiden. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here