Ayatollah Ali Khamenei Sebut Arab Saudi Tak Becus Urus Ibadah Haji

2077

Moslemtoday.com : Pemimpin tertinggi Iran, Ayatolleh Ali Khomenei mengkritik Pemerintah Arab Saudi. Kali ini, kritik Khamenei tertuju pada manajemen Arab Saudi dalam pengurusan ibadah haji.

asfaaa“Karena tindakan penindasan oleh penguasa Saudi terhadap para tamu Allah, dunia Islam harus mempertimbangkan kembali manajemen pengelolaan dua tempat suci dan masalah haji,” ujar Ayatollah Ali Khamanei. Demikian sebagaimana dilansir dari Okezone.com, Selasa (6/9/2016).

Selain itu, Khamenei juga menuduh keluarga istana Saudi melakukan tindakan politisasi dalam ibadah haji. Menurutnya, praktik itu terjadi karena mereka sudah menjadi setan kecil yang lemah dan takut akan kepentingan setan besar (Amerika Serikat).

Khamenei juga mengkritik respons Arab Saudi terhadap insiden saling dorong yang membunuh 2.300 jamaah haji dalam tragedi Mina, di mana 464 di antaranya adalah warga Iran.

“Orang-orang Arab yang kejam dan suka melakukan kejahatan itu mengunci korban yang masih hidup bersama dengan mereka yang telah meninggal dalam sebuah wadah tertutup rapat dan menganiaya mereka,” ujar Khamenei.

“Alih-alih meminta maaf dan mengungkapkan penyesalan kepada para korban, penguasa Saudi menolak untuk mengizinkan pembentukan komite pencari fakta Islam internasional,” tambah Khamenei.

Tahun lalu sebanyak 60 ribu warga Iran ikut dalam ibadah haji. Namun tahun ini Iran tidak memakai kuota hajinya setelah negosiasi antara kedua negara gagal menemui kata sepakat. Dengan demikian, untuk pertama kalinya dalam tiga dekade terakhir, Iran tidak berpartisipasi dalam pengiriman jamaah haji.

Putra Mahkota Saudi Membantah Tuduhan Ayatollah Ali Khamenei

Pemerintah Saudi menyangkal berbagai tuduhun tentang buruknya pengelolaan ibadah haji. Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Nayef telah menanggapi kritik pedas yang disampaikan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei terhadap kemampuan kerajaan Arab itu dalam mengelola pelaksanaan ibadah haji.

Nayef menilai kritikan Ali Khamenei tidak obyektif dan tidak kredible. Dalam pernyataan yang dikeluarkan Saudi Press Agency, Putra Mahkota menyebutkan Arab Saudi telah menampung semua jamaah haji Iran dengan semua fasilitas yang sama dengan jamaah negara lain. Pangeran Nayefpun melontarkan kritikan tajam sebaliknya, “Iranlah yang membahayakan keamanan semua jamaah haji”. Demikian sebagaimana dilansir dari Al-Arabiya, Selasa, (6/9/2016),

Sumber : Okezone.com | BBC | Al-Arabiya

comments

Loading...

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here