Badan Atom PBB: Iran Masih Terus Tingkatkan Cadangan Uranium

46

Moslemtoday.com : Badan Pengawas Atom PBB (IAEA) melaporkan bahwa Iran masih terus melanjutkan peningkatan cadangan kekayaan uranium dengan melanggar batasan-batasan pada kesepakatan nuklir 2015.

Walau demikian, Iran telah memberikan akses kepada Badan tersebut untuk menuju lokasi-lokasi dimana Iran dicurigai menyimpan dan menggunakan material nuklir tersebut.

“Iran telah menyediakan akses kepada badan pengawas menuju lokasi untuk mengambil sampel-sampel lingkungan,” ungkap Laporan IAEA, seperti dilansir dari Al Jazeera, Sabtu, (5/9/2020).

IAEA melaporkan bahwa persediaan kekayaan uranium Iran saat ini sepuluh kali melebihi batas yang ditentukan pada kesepakatan nuklir 2015. Iran menandatangani kesepakatan nuklir pada tahun 2015 dengan Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Inggris, China dan Rusia, yang dikenal sebagai Joint Comprehensice Plan of Action(JCPOA).

Kesepatan itu hanya mengizinkan Iran untuk menyimpan persediaan sebesar 202,8 kg (477 pon). Dalam kesepakatan itu juga menjanjikan Iran insentif ekonomi sebagai ganti pembatasan program nuklirnya.

IAEA juga melaporkan bahwa Iran telah melanjutkan untuk memperkaya kandungan keaslian uranium mencapai 4,5 persen, melebihi batasnya yaitu 3,67 persen berdasarkan JCPOA. (LBS/MTD)

Sumber : Al Jazeera
Kontributor : Luli Bangkit Sugito
Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here