Badan Statistik Arab Saudi : 94% Penduduk Arab Saudi Hidup dalam Keadaan Sehat

21107
Badan Statistik Arab Saudi

Moslemtoday.com : Badan Statistik Arab Saudi (GaStat) merilis hasil survei pada kesehatan keluarga penduduk Arab Saudi yang dilakukan pada bulan November dan Desember 2017, seperti dilansir dari Saudi Gazette, Ahad, (29/7/2018).

Berdasarkan hasil survei tersebut, 94,2 persen penduduk Arab Saudi di atas usia 15 tahun berada dalam kesehatan yang baik. Sebanyak 25,4 persen di atas usia 15 tahun melakukan pemeriksaan medis setidaknya sekali setahun untuk meyakinkan tentang kesehatan mereka.

37,2 persen penduduk memiliki asuransi kesehatan dan hanya 13,9 persen dari mereka merupakan warga negara Arab Saudi.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa penyakit kronis hanya diderita oleh  orang-orang di atas 65 tahun, terutama di kalangan wanita. Sementara itu, hanya 8,5 persen di atas usia 15 tahun yang menderita diabetes dan diderita kebanyakan oleh laki-laki.

Rasio penderita diabetes di kalangan penduduk Saudi adalah 10,1 persen dan laki-laki mewakili persentase yang lebih tinggi daripada perempuan.

Survei menemukan bahwa hanya 0,17 persen dari penduduk Arab Saudi yang didiagnosis menderita kanker dan hanya 1,14 persen yang menderita penyakit jantung dan arteri.

Mengenai tingkat kesuburan, survei menunjukkan bahwa wanita di Arab Saudi telah melahirkan rata-rata dua bayi masing-masing dan hingga 99,7 persen dari semua kelahiran anak berada di bawah pengawasan dokter spesialis.

GaStat mengatakan bahwa survei dilakukan sesuai dengan standar internasional yang diadopsi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Indikator penelitian termasuk pernikahan, kesuburan, anak dan kesehatan ibu hamil, kematian bayi, kecelakaan mobil dan merokok. Semua provinsi di Arab Saudi yang terdiri dari 13 Provinsi tercakup dalam survei.

GaStat mengatakan bahwa hasil statistik ini akan menjadi sumber utama informasi demografis untuk mempersiapkan rencana pengembangan di sektor perawatan kesehatan dan sosial di tingkat nasional. (DH/MTD)

Sumber : Saudi Gazette | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here