Bahas Situasi di Timur Tengah, Menlu AS John Kerry Temui Raja Salman

1363

Moslemtoday.com : Bahas kondisi terkini soal Timur Tengah, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry menemui pemimpin Arab Saudi, Raja Salman. Keduanya melakukan pertemuan di Istana Raja Salman, di Riyadh, Arab Saudi, pada hari Ahad, (18/12/2016).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas mengenai perkembanan situasi terkini di kawasan Timur Tengah, khususnya terkait tentang konflik di Suriah dan Yaman dan upaya pembicaraan perdamaian untuk mengakhiri konflik tersebut.

Sebelumnya, John Kerry mengutuk keras rezim Bashar Assad yang telah melakukan pembantaian di Aleppo. Kerry berusaha membela upaya diplomatik AS untuk mengakhiri perang di Suriah. Meskipun, kata dia, upaya itu telah sia-sia karena Assad didukung Rusia, Iran dan milisi Syiah.

”Sama sekali tidak ada pembenaran apapun untuk kebrutalan sembarangan dan biadab terhadap warga sipil yang ditunjukkan oleh rezim Assad dan oleh sekutunya, Rusia dan Iran, yang terjadi selama beberapa minggu terakhir, atau memang selama lima tahun terakhir,” kata Kerry dalam jumpa pers di Washington, demikian seperti dikutip Reuters, Jumat (16/12/2016).

Dikutip dari Saudi Press Agency, selain membahas perkembangan situasi di kawasan, keduanya juga diketahui membahas perkembangan kerjasama bilateral antara AS dan Arab Saudi. Tampak hadir dalam pertemuan tersebut Putra Mahkota, Pangeran Nayef bin Abdul Aziz , dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed Al-Jubeir.

Sumber : Saudi Press Agency | Reuters

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here