Bahasa Mandarin Mulai Diajarkan di Sekolah-sekolah Arab Saudi

168

Moslemtoday.com : Kementerian Pendidikan Arab Saudi mulai memasukkan Bahasa Mandarin ke dalam kurikulum untuk diajarkan kepada para siswa di sekolah-sekolah Arab Saudi.

“Pada tahap pertama, bahasa tersebut diajarkan di delapan sekolah menengah untuk anak laki-laki, yaitu : empat sekolah di Riyadh, dua sekolah di Jeddah dan dua sekolah di Provinsi Syarqiyah,” kata Ibtisam Al-Shehri, juru bicara Kementerian seperti dilansir dari Saudi Gazette, Selasa, (21/1/2020).

Al-Shehri mengatakan bahwa belajar bahasa Cina akan menjadi pilihan bagi siswa, bukan wajib. “Ini merupakan tahap pertama dari rencana kurikulum untuk belajar Bahasa Cina pada skala yang lebih besar dan itu nanti juga termasuk untuk siswa perempuan,” ungkap Al-Shehri.

Keputusan untuk belajar bahasa Cina di sekolah-sekolah Saudi dibuat saat kunjungan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman ke ibukota Cina Beijing pada bulan Februari 2019 tahun lalu. Menurut kerjasama yang ditandatangani antara kedua negara selama kunjungan, bahasa Cina akan menjadi bagian dari kurikulum pendidikan Saudi di semua fase pendidikan sekolah dan universitas.

Hal ini bertujuan untuk memperkuat persahabatan dan kerja sama antara Arab Saudi dan Cina dan memperdalam kemitraan strategis di semua tingkatan dengan cara mewujudkan aspirasi kepemimpinan Saudi dan Cina.

Dikutip dari Arabnews, Duta Besar Cina untuk Arab Saudi Chen Weiqing mengucapkan terima kasih kepada Putra Mahkota MBS karena memasukkan Bahasa Mandarin ke dalam sistem pendidikan negara itu.

“Saya berharap bahwa generasi yang muncul di Saudi akan menguasai bahasa Cina, mencintai budaya Tiongkok, dan merangkul masa depan yang terhormat bagi kedua negara sahabat,” kata Weiqing.

Dimasukkannya bahasa Cina dalam kurikulum akan meningkatkan keragaman budaya siswa di Kerajaan dan berkontribusi pada pencapaian tujuan nasional masa depan di bidang pendidikan untuk mewujudkan Saudi Vision 2030. (DH/MTD)

Sumber : Saudi Gazette, Arabnews | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here