Bahrain Vonis Pemimpin Oposisi Syi’ah Ali Salman Hukuman Penjara Seumur Hidup

173

Moslemtoday.com : Pengadilan Bahrain menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup untuk pemimpin oposisi Syi’ah Ali Salman dengan dakwaan menjadi mata-mata dan dalang kerusuhan anti pemerintah pada tahun 2011 di Bahrain.

“Ali Salman, pemimpin gerakan oposisi Al-Wefaq divonis penjara seumur hidup karena berkolusi dengan negara musuh, melakukan kerusuhan di Bahrain, merusak keamanan, politik, ekonomi dan kepentingan nasional,” bunyi pernyataan Pengadilan Bahrain, seperti dilansir dari Middle East Monitor, Selasa, (6/11/2018).

Bahrain juga menangkap 169 orang yang disebut membentuk “Bahrain Hezbollah”, sebuah kelompok bersenjata Syi’ah versi lokal, yang dikatakan oleh jaksa penuntut dilatih dan didukung oleh Garda Pengawal Revolusi Iran.

Pengumuman ini menyusul sejumlah penangkapan dan hukuman berat yang dijatuhkan kepada para terdakwa dan militan di Bahrain. Mereka didakwa membentuk kelompok teroris, merencanakan pembunuhan dan menerima pelatihan dalam menangani senjata dan pembuatan bahan peledak.

“Jaksa Penuntut Umum telah diberitahu oleh Departemen Investigasi Kriminal bahwa Garda Pengawal Revolusi Iran telah memerintahkan beberapa anggota mereka untuk bekerja pada penyatuan berbagai kelompok militan Bahrain,” kata pernyataan tersebut.

“Kelompok-kelompok ini akan terlibat dalam satu organisasi teroris yang mereka sebut Bahrain Hezbollah. Kelompok ini berencana mengirim militan Bahrain ke Irak, Libanon dan Iran untuk pelatihan militer,” ungkap pernyataan tersebut.

Bahrain memiliki populasi mayoritas Syi’ah tetapi diperintah oleh keluarga kerajaan Sunni. Kerajaan Bahrain telah lama menyebut Iran memicu kerusuhan di Bahrain yang terus dibantah oleh Teheran. (DH/MTD)

Sumber : Middle East Monitor | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1440 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here