Bantah Pecat Fauci, Trump: Saya Sependapat Dengannya

150

Moslemtoday.com : Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa ia sependapat dengan pakar medis terkemuka dr. Anthony Fauci dan tidak berniat untuk memecatnya setelah Fauci dalam sebuah wawancara mengkritik kebijakan Pemerintah AS yang dinilai terlambat mengatasi penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

Dr. Anthony Fauci telah memperingatkan sejak awal akan resiko penyebaran Covid-19 di AS. Namun Trump menganggap remeh penyebaran Covid-19 tersebut dan menunjukkan bahwa ia tidak cukup berbuat untuk mencegah penyebarannya.

“Nyawa bisa diselamatkan jika negara ini ditutup lebih cepat selama wabah virus corona. Saya telah menjelaskan kepada Trump dan ia telah mendengarkannya dan merekomendasikan upaya mitigasi,” kata Fauci, seperti dilansir dari Reuters, Selasa, (14/4/2020).

Anthony Fauci telah menentang dan mengoreksi Trump pada masalah-masalah ilmiah selama krisis Covid-19. Fauci mengatakan bahwa Trump akhirnya mengikuti sarannya. “Presiden mendengarkan rekomendasi itu. Pertama dan satu-satunya saat saya masuk dan berkata: ‘Kita harus melakukan mitigasi dengan cepat. Jawabannya adalah, ‘Ya, kita akan melakukannya,'” ujar Fauci menirukan gaya Trump.

Menanggapi komentar Fauci tersebut, Presiden Trump membenarkan pernyataan Fauci. “Saya suka dia. Saya pikir dia pria yang luar biasa. Saya berada di halaman yang sama dengan Fauci sejak awal krisis, tetapi jujur memang tidak semua orang senang dengan dokter,” ujar Trump.

Fauci telah dianggap menonjol secara nasional dan mendapat dukungan warga AS sebagai pemimpin nasional dalam perang melawan virus corona (Covid-19), yang telah menewaskan 23.543 orang di Amerika Serikat dan menginfeksi lebih dari 583.990 orang.

Sementara itu, pihak oposisi Joe Lockhart, sekretaris pribadi mantan Presiden Bill Clinton, dari Partai Demokrat mengatakan bahwa itu hanya akal-akalan Trump. “Dia tidak akan memecat Fauci hari ini. Itu bukan gayanya. Dia perlu mempermalukannya (Fauci) dulu,” kata Joe Lockhart.

Beberapa jajak pendapat baru-baru ini selama wabah Covid-19 telah menunjukkan rakyat Amerika lebih mempercayai Fauci daripada Trump. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here