Bantah Said Aqil, Muhammadiyah: Salafi Bukan Sumber Terorisme

840

Moslemtoday.com : Ketua PP Muhammadiyah, Syafiq Mughni, merespons pernyataan Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj, yang menyebut ajaran Wahabi dan Salafi sebagai pintu masuk terorisme. Syafiq menegaskan terorisme bisa masuk melalui berbagai pintu.

“Salafi itu bukan mazhab yang monolitik. Ada banyak varian di dalamnya. Kalau ada teroris yang berfaham salafi, tidak berati salafiyah identik dengan terorisme,” ungkap Syafiq Mughni dalam keterangannya, Rabu, (31/3/2021).

Syafiq menjelaskan jika ada teroris yang beragama Islam, tidak berarti Islam mendorong terorisme. Jika ada teroris berbangsa Indonesia, tidak berarti bangsa Indonesia itu teroris.

“Terorisme bisa masuk melalui pintu agama, ideologi, ekonomi dan lain-lain. Berwacana memerlukan logika, tidak sekedar retorika,” tambah Syafiq.

Sebelumnya, Ketum PBNU Said Aqil Siraj kembali melontarkan pernyataan kontroversial terkait isu terorisme dan wahabi. Said Aqil menyebut untuk memberantas jaringan terorisme harus dilakukan dari benihnya atau pintu masuknya ajaran ekstremisme, yaitu ajaran Salafi / Wahabi. (DH/KD)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here