Bantah Serang Polandia dengan Rudal, Rusia: Upaya Provokasi untuk Meningkatkan Ketegangan

35

Moslemtoday.com : Kementerian Pertahanan Rusia membantah tudingan telah menembakkan rudal ke Polandia yang berbatasan dengan Ukraina. Moskow menyebut tudingan itu provokasi untuk meningkatkan ketegangan.

“Media massa dan pejabat Polandia melakukan provokasi yang disengaja untuk meningkatkan situasi dengan pernyataan mereka tentang dugaan dampak roket Rusia di Przewodow (dekat perbatasan Ukraina),” kata kementerian pertahanan Rusia dalam pernyataannya, seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Rabu, (16/11/2022).

“Tenaga senjata Rusia tidak melancarkan serangan di daerah antara perbatasan Ukraina dan Polandia,” tambahnya, seperti diberitakan AFP, Selasa (15/11/2022).

Sebelumnya, Aliansi militer NATO mengatakan sedang “menyelidiki” laporan yang belum dikonfirmasi mengenai kemungkinan rudal Rusia menyerang Polandia pada Selasa (15/11) dan bekerja sama dengan anggota aliansi Warsawa.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebelumnya ikut menuding Rusia telah menyerang Polandia yang merupakan member NATO dengan rudal. “Hari ini (14/11), rudal Rusia menghantam Polandia, wilayah negara sekutu. Orang-orang tewas. Mohon terima belasungkawa kami,” kata Zelensky dalam pidato kenegaraan.

“Semakin lama Rusia mendapatkan kekebalan ini, semakin banyak ancaman terhadap siapa pun yang berada dalam jangkauan rudal Rusia. Menembakkan rudal ke wilayah NATO adalah serangan Rusia terhadap keamanan kolektif. Ini adalah eskalasi yang sangat signifikan. Kita harus bertindak,” kata Zelensky.

Ukraina juga menyerukan supaya anggota NATO bisa dengan cepat mengambil tindakan keras kepada Rusia menyusul laporan serangan rudal yang belum dikonfirmasi itu.

“Tanggapan kolektif terhadap Rusia harus keras dan berprinsip. Salah satu tindakan yang harus segera diambil adalah KTT NATO dengan partisipasi Ukraina untuk tindakan bersama lebih lanjut,” kata Menlu Ukraina Dmytro Kuleba.

Kementerian Rusia kemudian kembali menegaskan bahwa “puing-puing yang diterbitkan media massa Polandia dari tempat kejadian di Przewodow tidak ada hubungannya dengan senjata Rusia”.

Apabila terkonfirmasi, serangan di wilayah Polandia akan menandai eskalasi yang signifikan dalam konflik Ukraina dan Rusia.

Sumber : CNNIndonesia.com, AFP

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here