Arab Saudi Membantah telah Membuat Pernyataan tentang Situasi di Sudan

641
sumber : alaraby.co.uk

Moslemtoday : Arab Saudi telah membantah laporan bahwa salah satu utusan utamanya menyuarakan dukungan untuk demonstrasi di Sudan yang telah mengguncang negara itu selama tiga minggu terakhir.

dalam sebuah pernyataan yang dikaitkan dengan duta besar Saudi untuk Mesir oleh situs web berita Palestina adalah “palsu dan tidak benar” seperti dilansir dari Kantor berita resmi Arab Saudi SPA, pada hari Rabu, (9/1/2019).

“Dia tidak membuat pernyataan tentang situasi terakhir di Republik Sudan atau masalah lain,” katanya.

Sebelumnya pada hari itu,  kantor berita SAWA melaporkan bahwa Duta Besar Osama Nqali telah memecah keheningan Riyadh atas protes yang menggemparkan dan menyatakan dukungan untuk gerakan melawan Presiden Sudan Omar al-Bashir.

“Raja Salman menaruh perhatian besar pada aspirasi rakyat Sudan dan memuji kesabaran mereka selama masa-masa sulit yang mereka lalui,” kata laporan itu.

“Arab Saudi tidak peduli tentang siapa yang memimpin negara tetapi lebih tentang martabat rakyat dan mencapai aspirasi mereka,” kata laporan itu.

Arab Saudi sejauh ini tidak menyuarakan dukungan untuk Bashir – tidak seperti negara-negara Teluk, Qatar dan Bahrain.

Duta Besar Osama Nqali dipanggil untuk menghormati profesionalisme media dan tidak menerbitkan pernyataan pers yang tidak berdasar.

Pihak berwenang Sudan sejauh ini mengkonfirmasi setidaknya 19 kematian selama protes termasuk dua personil keamanan selama demonstrasi, tetapi Human Rights Watch telah menempatkan korban tewas di 40, termasuk anak-anak. Dua kematian lagi dilaporkan pada hari Rabu saat protes berlanjut.

Sumber : alaraby.co.uk  spa.gov.sa | Redaktur : Fairuz syaugi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here