Benarkah “Khatib” Dipaksa Turun Saat Berkhutbah di Arab Saudi?

1454

Moslemtoday.com : Sebuah video viral tersebar luas di media sosial yang mengatakan bahwa seorang khatib diturunkan secara paksa dari atas mimbar saat berkhutbah di sebuah masjid di dekat kota Madinah.

Para pengguna media sosial di Twitter menyebutkan bahwa khatib tersebut diturunkan secara paksa karena khutbahnya yang mengkritik kerajaan Arab Saudi. Benarkah informasi demikian?

Berdasarkan keterangan yang redaksi dapatkan dari Facebook Ustadz Dr. Abu Zakariya Sutrisno yang baru saja menyelesaikan studi S3 nya di jurusan Teknik Elektro, King Saud University, Arab Saudi mengatakan bahwa informasi tersebut adalah hoax. Berikut keterangannya, yang diposting pada hari Ahad, (4/3/18) :

“Khatib” Diturunkan dari Mimbar

Otoritas keamanan Saudi (الأمن العام) telah mengeluarkan keterangan resmi terkait video viral seorang yang diturunkan dari mimbar. Dijelaskan dalam keterangan tersebut bahwa orang tua yang diturunkan dari mimbar saat khutbah Jum’at itu adalah orang yang memiliki kelainan jiwa. Catatan medisnya ada di salah satu rumah sakit. Sekarang telah diserahkan untuk pengobatan dan perawatan lebih lanjut. Kejadian ini terjadi di salah satu masjid di Yanbu’ (salah satu kota di Saudi dekat Madinah). Info ini bisa dicek di akun resmi @security_gov

Jadi tidak benar info hoax yang menyatakan dia diturunkan paksa karena materi khutbahnya memojokkan pemerintah.

Sumber : Abu Zakariya Sutrisno | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here