Bendera Bintang Kejora Berkibar di KJRI Melbourne, Australia

278

Moslemtoday.com : Video viral di media sosial menunjukkan sejumlah orang membentangkan bendera Bintang Kejora di KJRI Melbourne, Australia. Selain membentangkan bendera di atap KJRI, beberapa orang juga membentangkan baliho bertuliskan ‘Free Wes Papua’ dan ‘TNI Out Stop Killing Papua’.

Insiden pengibaran bendera Bintang Kejora tersebut terjadi pada Selasa, (1/12/2020) bertepatan dengan hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM). Tanggal tersebut diklaim sebagai hari kemerdekaan Papua Barat, bersamaan dengan momentum Belanda melepaskan wilayah Papua pada 1961 silam.

Juru Bicara Kemenlu RI, Teuku Faizasyah mengatakan sejumlah orang tersebut masuk tanpa izin atau trespassing ke area gedung Konsulat Jenderal RI. Kejadiannya sangat cepat hanya sekitar 15 menit.

“Kejadiannya di pagi hari dan berlangsung sekitar 15 menit (mereka lakukan trespassing, memasang dan menurunkan atribut tersebut),” ucapnya seperti dilansir dari Okezone.com.

Sementara itu, dikutip dari Republika.co.id, Kantor Staf Kepresidenan (KSP) mengingatkan Australia terkait komitmen dalam menjaga keamanan area Konsulat Jenderal RI di Melbourne.

Deputi V Bidang Polhukam dan HAM KSP, Jaleswari Pramodhawardhani, menyebutkan bahwa merujuk pada ketentuan Konvensi Wina mengenai hubungan konsuler serta hukum kebiasaan internasional, maka area konsulat jenderal harus dihormati dan tidak dapat diganggu gugat.

“Terlebih diterobos masuk dan disusupi tanpa izin. Sehingga insiden yang terjadi di KJRI Melbourne, tidak dapat dibenarkan dan bertentangan dengan hukum internasional,” kata Dani, sapaan Jaleswari, Jumat (4/12).

Dani juga mengingatkan bahwa negara penerima, yakni Australia, punya kewajiban berdasarkan hukum internasional untuk menjaga keamanan dari area KJRI.

Sumber : Okezone.com, Republika.co.id

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here