Benny Wenda Klaim Deklarasi Kemerdekaan Papua, Ini Respons TNI

927

Moslemtoday.com : Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III TNI Kolonel Czi IGN Suriastawa memastikan saat ini situasi dan kondisi di wilayah Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua aman dan kondusif.

Hal ini merespons klaim deklarasi kemerdekaan yang diserukan oleh Gerakan separatis Papua Barat, The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) yang dipimpin oleh Benny Wenda. Benny Wenda sendiri saat ini diketahui tengah berada dalam pelarian di Inggris.

“Iya (situasi kondusif di Papua Barat dan Papua),” kata Suriastawa, seperti dikutip dari CNN Indonesia, pada Kamis, (3/12/2020).

Terkait deklarasi tersebut, Suriastawa mengatakan biar menjadi urusan penegak hukum. TNI hanya memastikan saat ini situasi di Papua aman terkendali.

“Landai saja di Papua. Biar BW (Benny Wenda) ditangani polisi karena diduga mengarah pada undang-undang makar,” ungkap Suriastawa.

Sementara itu, Pakar Hukum Internasional yang juga merupakan Guru Besar Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Prof Hikmahanto Juwana mengatakan deklarasi kemerdekaan oleh Benny Wenda ini jika dilihat dari kaca mata hukum internasional tidak memiliki dasar.

“Deklarasi ini tidak ada dasarnya. Dan karenanya, tidak diakui oleh negara lain,” kata Hikmahanto dalam keterangan tertulis.

Sumber : CNN Indonesia

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here