Berapa Lama 2.000 Petugas Bersihkan Masjid al-Haram Makkah?

859

Moslemtoday.com : Satu tim berjumlah lebih dari 2.000 petugas kebersihan yang bertugas membersihkan Masjid al-Haram. Mereka bekerja sepanjang waktu selama empat giliran.

Seperti dilansir di Arab News  pada Kamis (09/05/2019), petugas kebersihan itu bertugas menjaga kebersihan Masjid al-Haram selama Ramadhan. Para pekerja itu hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk membersihkan kawasan seluruh masjid suci. Kemudian, mereka menggosok halaman marmer putih di sekitar Ka’bah selama 30 menit.

Aktivitas pembersihan tidak menghalangi jumlah besar jamaah dan pengunjung yang datang ke masjid. Sebanyak 30 kendaraan listrik khusus, 67 mesin, dan 400 liter air digunakan untuk membersihkan halaman di sekitar Ka’bah.

Sejumlah jamaah umrah dan pengunjung masjid, memuji efisiensi layanan kebersihan di Masjid al-Haram. Pengunjung dari Bangladesh, Mohammed Asif, sangat senang dengan layanan yang diberikan dan tingkat kebersihan di Masjid al-Haram.

Dia terkesan dengan kinerja petugas kebersihan itu. Bahkan, dia menyukai penggunaan aroma mawat dan oud yang digunakan petugas membersihkan masjid.

Ketua Kepresidenan Dua Masjid Suci, Abdulrahman al-Sudais, menyiapkan lebih dari 10 ribu staf untuk melayani jamaah dan pengunjung di Masjid al-Haram.

Kemudian, Kementerian Kesehatan Saudi mengerahkan lebih dari 11 ribu staf medis, serta memperkuat semua rumah sakit dan pusat kesehatan di Makkah. Hal itu bertujuan untuk memperluas layanan kesehatan bagi jamaah dan pengunjung umrah.

Pemerintah kota juga mengerahkan 11.825 petugas kebersihan untuk membersihkan kota suci dan Masjid al-Haram sepanjang waktu. Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi mendirikan lebih dari 85 pusat di Makkah dengan 1.365 personel dan 170 ambulan.

Sumber : Republika | Redaktur : Aris Abadi
Copyright © 1440 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here