Beredar Kabar Indonesia Beri Visa Turis untuk Israel, Menlu Retno : Tidak Benar!!

766

Moslemtoday.com : Beredar kabar tentang Indonesia yang menerbitkan visa wisata untuk Israel. Padahal Republik Indonesia tak punya hubungan diplomatik dengan Israel.

Kabar itu ditulis oleh media Israel, Haaretz, Media itu merilis bahwa Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar telah menyetujui pemberian visa turis untuk Israel. Dideskripsikan pula bahwa Indonesia adalah tujuan wisata yang mengagumkan, di mana selama ini warga Israel hanya bisa menontonnya di film.

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi membantah kabar tersebut. “Tidak benar,” ungkap Menlu Retno, seperti dilansir dari Detikcom, Senin, (7/5/18).

Menlu Retno menegaskan bahwa pemberitaan yang menyebut pemerintah memberikan visa turis bagi warga Israel tidak benar. Pihak Imigrasi menyebut pemberitaan dari media Israel tersebut sepenuhnya hoaks atau berita palsu.

“Begitu mendengar berita itu, kami langsung melakukan koordinasi. Dengan Pak Laoly karena kebijakan visa ada di bawah otoritas imigrasi, soal tourism saya juga koordinasi dengan Pak Arief Yahya. Dari keduanya diperoleh informasi bahwa itu tidak benar,” ucap Menlu Retno, seperti dikutip dari Sindonews.

Bantahan serupa juga dikeluarkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Indonesia. Humas Ditjen Imigrasi Agung Sampurno menyatakan bahwa pemberian visa turis kepada warga Israel tidak pernah terjadi.

Menurut Agung, pemerintah Indonesia tidak memiliki kebijakan pemberian visa wisata kepada warga negara Israel. “Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel sesuai dengan kebijakan luar negeri Pemerintah Indonesia. Pemberitaan yang menyatakan Indonesia memberikan visa wisata kepada Israel adalah Hoaks. Semoga masyarakat memahami dan tidak terpancing dengan pemberitaan yang menyesatkan tersebut,” ujarnya. (DH/MTD)

Sumber : Detikcom, Sindonews, Haaretz | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here