Berhasil Kuasai Aleppo, Assad : Terima Kasih Putin, Terima Kasih Rusia

2041

Moslemtoday.com : Presiden Suriah Bashar al-Assad mengucapkan terima kasih kepada Rusia dan Presiden Vladimir Putin atas bantuannya dalam membebaskan Aleppo dari kelompok yang dia sebut “teroris”. Assad menelepon Putin sehari setelah Damaskus menyatakan mengontrol penuh wilayah Aleppo.

”Kedua belah pihak mendiskusikan selama pembicaraan telepon, membahas  proses politik selanjutnya di Suriah. Presiden al-Assad berterima kasih kepada Presiden Putin dan Rusia sebagai sekutu utama Suriah yang berkontribusi bersama dengan sekutu lain untuk membebaskan Aleppo,” tulis kantor berita negara Suriah, SANA, Sabtu (24/12/2016) mengutip hasil pembicaraan telepon kedua pemimpin itu.

”Presiden Assad mengatakan kemenangan di Aleppo membuka jalan bagi kerja politik di Suriah, (Assad) menambahkan bahwa mereka akan mendorong banyak pihak yang menghambat proses politik untuk bergabung dengan track politik dan rekonsiliasi,” lanjut laporan SANA.

Rincian dari percakapan telepon antara Putin dan Assad juga sudah dirilis Kremlin. ”Keberhasilan ini menjadi mungkin, karena upaya bersama dari semua orang yang menutup (celah) dalam perang melawan terorisme internasional di Suriah,” bunyi pernyataan layanan pers Kremlin.

”Tugas utama saat ini adalah untuk memusatkan upaya pada isu-isu memajukan penyelesaian damai, khususnya menyimpulkan kesepakatan penyelesaian komprehensif dari krisis Suriah,” lanjut pernyataan tersebut mengutip ucapan Putin.

Sebelumnya pada hari Jumat, Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu melapor kepada Putin bahwa para militan sudah menarik diri dari Aleppo. ”Operasi itu dilakukan atas instruksi Anda, kerjasama erat dengan rekan-rekan Turki dan Iran. Sekarang tahap berikutnya adalah untuk menindaklanjuti. Kami telah datang dan dekat untuk mencapai kesepakatan tentang gencatan senjata penuh di Suriah,” ujar Shoigu.

Aleppo, salah satu kota terbesar Suriah yang jadi medan pertempuran utama dalam perang antara pasukan loyalis Presiden Assad dengan pemberontak yang berusaha menggulingkan rezim Assad sejak 2012. Pertempuran sengit selama bertahun-tahun itu telah mengakibatkan banyak kematian dan kehancuran di Aleppo.

Sumber : Russia Today | Weblink : https://www.rt.com/news/371547-assad-putin-aleppo-syria/

📲 Akses lebih mudah… Install aplikasi Moslemtoday.com di Play Store: klik: https://play.google.com
📪 Mari gabung bersama media sosial Moslemtoday.com, silakan klik : Telegram : Grup, Channel, Instagram, WhatsApp: Grup 1, Grup 2, Grup 3, Grup 4, Twitter, Facebook

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here