Berperang dengan Hizbullah, Israel Ancam Bumi Hanguskan Lebanon

1279

Moslemtoday.com : Komandan militer Israel memperingatkan bahwa seluruh wilayah Lebanon tidak akan selamat jika perang baru meletus antara Israel dengan Hizbullah (Partai Politik dan organisasi paramiliter dari kelompok Syi’ah di Lebanon).

“Adalah bijaksana untuk menyatakan perang terhadap Lebanon untuk menunjukkan harga yang harus mereka bayar, jika Hizbullah menyerang kita,” kata kepala Komando Utara Israel, Jenderal Yoel Strick, seperti dilansir dari Asharq Al-Awsat, Jumat, (19/4/2019).

“Ini akan menjadi kesalahan memisahkan Hizbullah dari seluruh Lebanon karena mereka adalah pemain politik dan bagian dari terciptanya perang ini,” tambah Yoel Strick.

Mengenai rencana Hizbullah untuk menyusup ke perbatasan utara Israel, ia mengatakan bahwa penghancuran terowongan yang digali oleh Hizbullah di perbatasan Lebanon-Israel sedang berlangsung.

“Kami, tentu saja, tidak akan membiarkan itu terjadi. Kami akan menggagalkan rencana itu. Ini bukan hanya ancaman bagi kami tetapi juga kesempatan, karena mereka telah mengalihkan militan mereka ke Selatan. Kami akan menghadapi mereka dan saya tidak ragu hasilnya,” Yoel Strick memperingatkan.

Yoel Strick menolak untuk mengkonfirmasi bahwa semua terowongan Hizbullah telah dihancurkan, dia menambahkan: “Dalam profesi saya, tidak ada kepastian, jadi saya akan mengatakan sejauh yang saya ketahui – dengan sarana yang tersedia bagi kita, saya dapat mengatakan dengan tingkat tinggi keyakinan bahwa ancaman dari serangan melalui terowongan telah dihapus. Bisakah mereka dikembangkan lagi? Saya harap tidak.”

Pada bulan Desember 2018, Israel menyebut Hizbullah menggali terowongan lintas perbatasan ke wilayahnya dari Libanon selatan dan melancarkan operasi untuk menghancurkan mereka. Menurut tentara, Hizbullah telah merencanakan untuk menggunakan terowongan untuk menculik atau membunuh warga sipil atau tentara, dan untuk merebut sepotong wilayah Israel jika terjadi peperangan. (DH/MTD)

Sumber : Asharq Al Awsat | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here