Bertemu Presiden Jokowi, Emir Qatar : Kami Siap Berdialog untuk Mengakhiri Blokade Teluk

866

Moslemtoday.com : Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani mengatakan pada akhir kunjungannya di Indonesia bahwa Qatar siap berdialog untuk menyelesaikan krisis diplomatik dengan negara tetangganya di Teluk.

Dalam pernyataannya, Sheikh Tamim mengatakan bahwa negaranya telah menjadi korban dan membutuhkan ruang dialog, dengan mengatakan: “Qatar terbuka untuk berdialog sesuai dengan kesepakatan yang mengikat semua pihak dan penghormatan terhadap kedaulatan negara, Kami terbuka terhadap hal itu”, ungkapnya seperti dilansir dari Al-Arabiya, Kamis, (19/10/2017).

Namun, kebijakan Qatar sejak awal krisis telah menghambat usaha mediasi yang dilakukan oleh Kuwait untuk menyelesaikan krisis tersebut karena Qatar terus menolak persyaratan dan tuntutan negara-negara pemboikot, (Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir).

“Blokade yang tidak adil terhadap Qatar memiliki dampak kemanusiaan terhadap rakyat Qatar,” kata Emir saat melakukan lawatannya. Selama pidato publik pertamanya kepada warganya, Emir Qatar menegaskan bahwa, “Lembaga-lembaga negara telah berusaha menyediakan semua kebutuhan masyarakat”.

Sejauh ini, upaya Qatar untuk mengumpulkan dukungan dari Asia tidak berhasil karena Presiden Indonesia Joko Widodo memilih untuk tidak berkomentar mengenai krisis tersebut, sementara Malaysia hanya meminta para pihak untuk berdialog menyelesaikan krisis tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here