Blokir Perjalanan Haji, Houthi Sita 2.000 Paspor dari Jamaah di daerah Kendali Mereka

1379

Moslemtoday.com : Kelompok pemberontak Syi’ah Houthi menyita lebih dari 2.000 paspor dari jamaah haji yang berasal dari wilayah yang berada di bawah kendali mereka di Yaman.

Wakil Menteri Wakaf untuk urusan Haji dan Umrah Yaman, Sheikh Mukhtar al-Rabash mengatakan bahwa militan Houthi telah menyita paspor lebih dari 2.000 jamaah haji dan menmblokir mereka melakukan perjalanan haji. Demikian sebagaimana dilansir dari Al Arabiya, Senin, (14/8/2017).

Al-Rabash mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada kantor berita resmi Yaman bahwa pos pemeriksaan milisi Houthi menyita paspor dari banyak jamaah, yang menyebabkan perjalanan mereka tertunda sesuai dengan jadwal keberangkatan yang telah dikeluarkan pemerintah Yaman dan Arab Saudi.

Pemberontak Syi’ah Houthi melakukan kudeta pada tahun 2014 dan merebut banyak institusi dan lembaga, mendirikan negara mereka sendiri dan aparat militer untuk menguasai ibukota Sana’a, Yaman.

Pada Maret 2015, Koalisi Arab di bawah pimpinan Arab Saudi turun tangan atas permintaan presiden Abd Rabbo Mansour Hadi untuk memukul mundur pemberontak Houthi. Sementara itu, Presiden Abd Rabbo Mansour Hadi yang diakui secara internasional mengalihkan pusat pemerintahan ke Aden, Yaman. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here