Bolton meninggalkan Turki setelah Erdogan menolak untuk bertemu

669
sumber : anadolu agency

Penasihat keamanan nasional AS, John A. Bolton , meninggalkan Turki pada hari Selasa setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan menolak untuk bertemu dengannya. Konsultasi Bolton terbatas pada juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin, pembantu menteri luar negeri dan pertahanan serta wakil kepala intelijen.

Erdogan pada Selasa mengecam pernyataan Bolton, di mana ia membela mitra Kurdi negaranya di Suriah, yang oleh Ankara disebut sebagai “terorisme.”

Erdogan mengatakan dalam pidatonya di Ankara bahwa pernyataan Bolton, yang diumumkan hari Minggu dalam kunjungan ke Israel “tidak dapat diterima oleh kami dan tidak dapat ditoleransi,” setelah pertemuan antara penasihat Presiden Amerika dan seorang pejabat senior Turki di ibukota Turki. “John Bolton membuat kesalahan besar,” kata Erdogan. seperti dilansir dari kantor berita Turki Anadolu Agency, Rabu, (8/1/2019).

Bolton mengatakan kepada wartawan yang menemaninya ke Israel bahwa syarat-syarat harus dipenuhi, termasuk memastikan keamanan sekutu Kurdi, sebelum penarikan pasukan AS dari Suriah, yang diumumkan oleh Presiden AS Donald Trump, menurut NBC News Network.

Amerika Serikat mendukung unit perlindungan rakyat Kurdi untuk melawan organisasi yang sedang naik daun.

Turki menganggap unit-unit yang digunakan untuk melindungi orang-orang Kurdi, merupaka sebagai organisasi teroris seperti yang telah mendesak dan mengancam beberapa minggu lalu, dimana mereka melancarkan serangan terhadap wilayah-wilayah kontrolnya di Eufrat timur.

“Jika orang-orang ini adalah teroris, beberapa orang mengatakan, ‘Jangan dekati mereka, mereka orang Kurdi,'” katanya. “Mereka mungkin juga orang Turki, Turkmenistan atau Arab.” Jika mereka adalah teroris, kita akan dibutuhkan di mana pun mereka berada.

“Kami akan segera bertindak untuk menetralisir kelompok-kelompok teroris di Suriah .”

Sumber : alarabiya | Redaktur : Fairuz syaugi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here