Breaking News: Pemerintah Taliban Larang Perempuan Afghanistan Kuliah di Perguruan Tinggi

71

Moslemtoday.com : Pihak berwenang Taliban memerintahkan larangan tanpa batas waktu bagi anak perempuan di Afghanistan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Larangan itu diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi dalam surat yang dikirimkan untuk semua universitas negeri dan swasta di Afghanistan.

“Anda semua diberitahu untuk melaksanakan perintah penangguhan pendidikan bagi perempuan tersebut sampai pemberitahuan lebih lanjut,” kata surat yang ditandatangani Menteri Pendidikan Tinggi, Neda Mohammad Nadeem, seperti dilansir dari Al Arabiya, Kamis, 22 Desember 2022.

Sementara itu, Juru bicara kementerian, Ziaullah Hashimi membenarkan larangan tersebut dengan men-tweet surat itu di akun media sosialnya dan mengkonfirmasi perintah tersebut melalui pesan teks ke AFP.

Larangan untuk menempuh pendidikan tinggi bagi perempuan di Afghanistan datang kurang dari tiga bulan setelah ribuan anak perempuan mengikuti ujian masuk universitas di seluruh negeri, dengan banyak yang memilih jurusan teknik dan kedokteran dalam pendidikannya.

Setelah pengambilalihan negara itu oleh kelompok Taliban pada Agustus tahun lalu, universitas dipaksa untuk menerapkan aturan baru termasuk pemisahan ruang kelas dan pintu masuk berdasarkan gender, sementara wanita hanya diizinkan untuk diajar oleh profesor wanita atau pria tua.

Sebagian besar gadis remaja di seluruh negeri juga dilarang dari pendidikan sekolah menengah, dan juga kesulitan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Sumber : Al Arabiya | Weblink : https://english.alarabiya.net/News/world/2022/12/20/Taliban-bans-university-education-for-Afghan-girls

Redaktur : Hermanto Deli | Copyright © 2022 – Moslemtoday.com

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here