Cegah Ma’arib Jatuh ke Tangan Syiah Houthi, Arab Saudi Minta Bantuan Rusia

280

Moslemtoday.com : Arab Saudi telah meminta bantuan Rusia untuk terlibat dalam mencegah kota Ma’arib jatuh ke tangan kelompok Syi’ah Houthi. Ma’arib adalah salah satu kota paling strategis di Yaman yang menjadi rute perdagangan dengan beberapa kota di sekitarnya.

Menteri Luar Negeri Saudi, Faisal Bin Farhan telah berbicara dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dalam sambungan telepon. Farhan meminta Lavrov untuk memediasi antara Kerajaan Saudi dengan kelompok Houthi untuk menghentikan kelompok tersebut meringsek ke Ma’arib, seperti dilansir dari Middle East Monitor, Kamis, (24/9/2020).

Arab Saudi mengambil langkah tersebut untuk memberikan tekanan ke Amerika Serikat, yang telah mengabaikan permohonan Saudi untuk mencegah Houthi menduduki Ma’arib disebabkan Presiden Donald Trump disibukkan dengan pemilihan presiden yang dijadwalkan bulan November mendatang.

Sebelumnya, Trump telah memanfaatkan keterlibatan Rusia di Timur Tengah sebagai pembelaan atas penjualan persenjatanya ke Arab Saudi, yang telah berulang kali dituduh sebagai kejahatan perang oleh lembaga kemanusiaan.

Presiden AS telah mengatakan, jika Washington tidak menyediakan persenjataan ke Arab Saudi, maka mereka akan meminta Rusia dan China untuk mendapatkannya dan imbasnya AS tidak akan mendapat keuntungan. (LBS/MTD)

Sumber : Middle East Monitor
Kontributor : Luli Bangkit Sugito
Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here