China Bela Rusia di KTT G20 Bali, Tolak Moskow Didepak dari Keanggotaan Negara G20

89

Moslemtoday.com : China menolak Rusia dikeluarkan dari keanggotaan negara G20 dan forum internasional lain meski muncul desakan agar Moskow ditendang dari forum global menyusul perang yang masih terjadi di Ukraina.

Pernyataan itu muncul saat Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov di sela-sela konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 Bali, Selasa (15/11/2022).

“Kami sangat senang Anda berpartisipasi di KTT G20, mewakili Rusia, ini misi yang sangat luar biasa,” kata Wang Yi, seperti dilansir dari CNNIndonesia.com.

“Kami mendukung peran layak Rusia dalam G20 dan platform internasional lain. [Kami] percaya tak ada yang berhak mengambil hak rasional Rusia berpartisipasi di kerangka format multilateral,” tambah Wang Yi.

Sementara itu, Lavrov memberi ucapan selamat kepada Wang Yi usai terpilih menjadi Komite Pusat Partai Komunis China (PKC). Ia juga menyampaikan suka cita setelah Presiden China Xi Jinping terpilih kembali menjadi sekretaris jenderal partai itu di periode ketiga.

“Kami senang Kamerad Xi Jing, selaku kawan lama warga Rusia, terpilih kembali menjadi Sekjen PKC, yang menegaskan otoritas politiknya yang tak terbantahkan,” ujar Lavrov.

Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan China dan Rusia tampak akrab. Beberapa pekan sebelum invasi, Xi bahkan sempat mengatakan kedua negara memiliki kemitraan “tanpa batas.” Namun Beijing sejauh ini belum memberikan bantuan militer atau keuangan langsung ke Moskow.

Sementara itu, beberapa pihak termasuk Ukraina mendesak agar Rusia didepak dari G20 dan forum internasional lain. Menurut mereka, rezim Putin tak pantas semeja dengan pemimpin dunia karena dia menjadi penyebab ribuan orang meninggal di Ukraina.

Putin juga disebut harus bertanggung jawab atas serangkaian serangan brutal di negara tetangganya itu.

“Undangan Putin ke KTT Bali harus dicabut, dan Rusia dikeluarkan dari G20,” kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Oleg Nikolenko di Twitter pada awal November lalu.

KTT G20 sedang berlangsung di Bali pada 15-16 November. Dalam draf yang beredar, mayoritas pemimpin dunia sepakat mengecam invasi Moskow di Ukraina.

Sumber : CNNIndonesia.com

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here