China Siap Bantu Rezim Assad dan Perkuat Latihan Militer di Suriah

1380

DAMASKUS –  Pemerintah China menyatakan siap memberikan pelatihan militer bagi tentara Suriah. Pernyataan ini muncul saat terjadinya pertemuan antara Direktur Kantor Kerja Sama Militer Internasional dari Pusat  Komisi Militer China, Guan Youfei dengan Menteri Pertahanan Suriah Fahad Jassim al-Freij di Damaskus.

Guan dalam pertemuan itu mencatat, China adalah salah satu negara yang konsisten berusaha menemukan solusi politik untuk krisis Suriah. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa Beijing saat ini tengah mencari kerja sama militer yang lebih dekat dengan Damaskus.

“Para militer Cina dan Suriah secara tradisional memiliki hubungan yang erat, dan militer Cina bersedia untuk terus memperkuat pertukaran dan kerjasama dengan militer Suriah,” katanya.

Dalam pertemuan itu, Guan dan al-Freij membahas peningkatan pelatihan dan keduanya juga telah mencapai konsensus dalam hal pemberian bantuan kemanusiaan yang akan dikirimkan oleh militer China ke Suriah. Guam juga bertemu dengan seorang jenderal Rusia selama kunjungannya ke ibukota Suriah.

“Kami akan melihat lebih banyak keterlibatan dari Cina, Iran dan Rusia. Saya tidak berpikir AS akan memiliki kesempatan untuk menentang campur tangan sekutu tersebut”, Guam mengungkapkan.

“Ada kemungkinan bahwa kerjasama ini akan meningkatkan banyak,” katanya kepada RT. “Setidaknya China dapat memberikan dukungan lebih atau penutup diplomatik dalam hal menindak [dari] teroris atau kelompok pemberontak.”

“Jika Anda melihat media China, opini publik Cina, [Anda akan melihat] bahwa mayoritas berpihak pada pemerintah Suriah dan dukungan keterlibatan militer Rusia.  Hal ini dalam kepentingan strategis Cina untuk terlibat dalam krisis Suriah dan “memainkan peran yang lebih besar” dalam menyelesaikan itu, independen strategi China, kata Andrew Leung.

“Ini benar-benar sebuah terobosan dalam strategi China di Timur Tengah. Apalagi bisa berkoordinasi dengan negara-negara, seperti Rusia, ” kata Leung RT. ” China melihat dirinya sebagai salah satu kekuatan besar dan sebagai kekuatan besar ada tanggung jawab untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan yang sangat penting dalam dunia apalagi masalah keamanan energi.

Sumber : Russia Today

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here