China Tawarkan Dukungan ke Arab Saudi di Tengah Situasi Timur Tengah yang Tak Menentu

1506

Moslemtoday.com : China mendukung upaya Arab Saudi untuk melindungi kedaulatan nasional dan mencapai pembangunan yang lebih besar, Presiden Xi Jinping mengatakan kepada Raja Arab Saudi Salman, pada saat ketegangan regional antara Arab Saudi, Iran, Lebanon dan Yaman semakin meningkat.

Cina secara tradisional memainkan peran kecil dalam konflik Timur Tengah atau diplomasi, walaupun ia bergantung pada wilayah penghasil minyak itu. China telah berusaha untuk meningkatkan posisinya melalui kunjungan Raja Salman pada bulan Maret lalu.

“Berbicara melalui telepon, Presiden Xi mengatakan kepada Raja Salman bahwa tekad China untuk memperdalam kerja sama strategis dengan Arab Saudi tidak akan goyah, tidak peduli bagaimana situasi internasional dan regional berubah,” ungkap Kementerian Luar Negeri China seperti dilansir dari Al Arabiya, Jumat, (17/11/2017).

Mengomentari pentingnya menjaga komunikasi yang erat antara kedua negara, Xi mengatakan bahwa China dan Arab Saudi adalah mitra strategis yang saling percaya dan memahami posisi masing-masing.

Pernyataan kementerian tersebut mengatakan bahwa Xi dan Raja Salman juga bertukar pandangan mengenai isu-isu regional yang menjadi perhatian bersama. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here