Cina melihat ‘potensi besar’ dalam ekonomi Saudi

57
Anggota Dewan Negara Tiongkok dan Menteri Luar Negeri Wang Yi bertemu dengan Menteri Negara Urusan Luar Negeri Saudi, Adel al-Jubeir. (Reuters)

Moslemtoday.com : Cina melihat “potensi besar” dalam ekonomi Arab Saudi dan menginginkan lebih banyak kerja sama teknologi tinggi, kata diplomat top pemerintah China, ketika Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman memulai perjalanan dua hari ke Beijing. seperti dilansir dari Al Arabiya Minggu, (24/2/2019).

Delegasi Saudi, termasuk eksekutif puncak dari Aramco, tiba pada hari Kamis dalam tur Asia yang telah menyaksikan investasi yang dijanjikan kerajaan sebesar $ 20 miliar di Pakistan dan mencari investasi tambahan dalam industri penyulingan India.

Putra mahkota akan bertemu dengan Presiden Xi Jinping, yang telah meningkatkan kehadiran Cina di Timur Tengah sebagai tujuan kebijakan luar negeri utama, meskipun peran tradisionalnya yang rendah di sana.

Pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, Anggota Dewan Negara dan Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan fitur utama dari hubungan mereka adalah saling menghormati, memahami dan mendukung satu sama lain, kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan Kamis malam.

“Semua negara di dunia memiliki hak untuk berkembang, dan Arab Saudi adalah negara pasar berkembang dengan potensi besar,” kata kementerian itu mengutip dari Wang.

China mendukung upaya Saudi untuk mendiversifikasi ekonominya dan bersedia memperkuat kerja sama teknologi tinggi, Wang menambahkan.

Saudi Aramco, pengekspor minyak utama dunia, akan menandatangani pakta untuk membangun proyek kilang dan petrokimia di provinsi Liaoning timur laut dalam sebuah usaha patungan dengan konglomerat pertahanan China Norinco, tiga sumber dengan pengetahuan tentang masalah itu mengatakan.

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Fairuz Syaugi
Copyright © 1440 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here