Dari Uang Kertas Hingga Gagang Pintu, Inilah 10 Objek Paling Berisiko Menularkan Virus Corona

302

Moslemtoday.com : Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa uang kertas bisa jadi medium penyebaran virus corona. WHO menyarankan orang menghindari menyentuh wajah mereka sebelum mencuci tangan setelah memegang uang kertas.

“Kita tahu bahwa uang sering berpindah tangan dari satu orang ke orang lain dan berisiko mengandung semua jenis bakteri dan virus,” kata juru bicara WHO.

“Kami menyarankan orang untuk mencuci tangan setelah memegang uang kertas, dan menghindari menyentuh wajah mereka. Kami juga menyarankan untuk menggunakan transaksi non-tunai sebisa mungkin untuk meminimalkan risiko,” ungkap jubir WHO tersebut.

Sementara itu, Prof Jürgen Haas, kepala obat infeksi di University of Edinburgh mengatakan bahwa rute penularan utama dari virus adalah melalui cairan. “Cairan ini dihasilkan oleh batuk, dan dapat secara langsung menginfeksi orang lain melalui infeksi di udara, atau melalui penularan melalui tangan atau permukaan lainnya,” ungkap Prof Haas.

Prof Hass menjelaskan bahwa coronavirus dapat bertahan pada permukaan benda mati untuk waktu yang cukup lama, meskipun belum ada yang tahu persis berapa lamanya, karena Covid-19 adalah jenis virus sangat baru.

“Waktu kelangsungan hidup virus tergantung pada permukaan dan kondisinya. Semakin rendah suhunya, semakin lama waktu bertahannya. Jika suhunya lebih hangat, waktu kelangsungan hidup virus akan turun,” kata Prof Haas.

Meskipun coronavirus dapat ditularkan melalui benda mati, kemungkinan penularan dengan cara ini masih rendah. “Jumlah virus yang berpotensi pada benda mati biasanya sangat kecil,” kata Dr Christine Tait-Burkard, seorang ahli infeksi dan kekebalan di Roslin Institute di University of Edinburgh.

Meskipun risikonya rendah, namun masuk akal untuk mengambil tindakan pencegahan  dengan cara mencuci tangan secara teratur untuk meminimalisir penularan virus.

Berikut 10 objek yang dinilai paling berisiko menularkan virus corona menurut Prof Haas dan Dr Christine Tait-Burkard, seperti dilansir dari The Guardian, Kamis, (5/3/2020) :

Uang kertas : “Uang keras bisa membawa coronavirus. Tetapi cobalah untuk tidak terlalu khawatir: risikonya kecil. Kecuali seseorang menggunakan uang kertas untuk bersin,” kata Dr Christine Tait-Burkard.

Dapur kantor : Mesin, gelas, piring atau teko kopi sering dipegang oleh banyak orang di kantor, jadi sebaiknya bawalah peralatan sendiri atau rajin mencuci tangan serta cucilah peralatan dapur dengan bersih dan higienis.

Mesin ATM : “Ya mesin ATM, anda menarik uang dari mesin, itu juga sesuatu yang banyak disentuh oleh orang,” kata Prof Haas.

Pegangan tangan : “Pegangan Eskalator, pegangan tangan tabung, pegangan tangga, semua itu disentuh terus-menerus, berpotensi oleh ribuan orang per hari. Jika Anda menggunakan transportasi umum, tidak ada cara untuk tidak menyentuh pegangan tangan. Jadi, ketika kamu turun, cucilah tanganmu,” kata Tait-Burkard.

Kamar Mandi Umum : “Orang sering meledakkan hidungnya di kamar mandi,” kata Dr Tait-Burkard.

Rumah sakit : “Berjabat tangan adalah kegiatan lumrah yang sering terjadi di rumah sakit. Itu sebabnya tenaga kesehatan secara teratur mendisinfeksi tangan mereka. Jika Anda mengunjungi seseorang di rumah sakit, atau membuat janji, cuci tangan Anda dengan seksama sebelum dan sesudah mengunjungi,” kata Prof Haas.

Pesawat Telepon : “Ini sudah jarang di saat zaman sudah menggunakan smartphone, tetapi jika Anda menggunakan telepon kantor, itu adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan,” ungkap Prof Haas.

Tempat praktek dokter umum : “Ada banyak orang yang berobat ke dokter umum, meskipun ada saran. Jadi ada risiko yang lebih tinggi. Semua tempat praktek dokter umum biasanya menyediakan desinfektan tangan gratis, jadi manfaatkan apa yang ditawarkan, dan gunakan secara baik,” kata Prof Haas.

Kursi pesawat terbang : “Perjalanan internasional adalah faktor risiko penularan. Jadi perhatikan kursi Anda sebelum duduk,” kata Tait-Burkard.

Gagang Pintu : Menyentuh gagang pintu sering kali tidak dapat dihindari, dan banyak orang yang menggunakannya. Jadi perhatikan di mana Anda menyentuh pegangan dan sering-seringlah mencuci tangan untuk melawannya. (DH/MTD)

Sumber : The Guardian | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here