Delegasi Hamas Hadiri Pelantikan Hassan Rouhani yang Terpilih Kembali Menjadi Presiden Iran

2857
Khalid Mishal bertemu Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei (Image : AFP)

Moslemtoday.com : Delegasi Hamas dilaporkan telah tiba di Teheran untuk menghadiri upacara pelantikan Hassan Rouhani yang terpilih kembali menjabat sebagai Presiden Iran untuk kedua kalinya, yang akan diselenggarakan pada Sabtu, (5/8/2017).

Menurut pernyataan yang dirilis Hamas yang dilansir dari Anadolu Agency, Jumat, (4/8/2017) menyebutkan bahwa delegasi tersebut terdiri dari pemuka kelompok Hamas, yakni : Ezzat al-Rashq, Saleh al-Arouri, Zaher Jabarin dan Osama Hamdan yang diundang secara resmi oleh Iran untuk menghadiri upacara tersebut.

“Kami diundang untuk menghadiri upacara pelantikan Hassan Rouhani, yang akan memulai masa jabatan keduanya sebagai Presiden Iran,” bunyi pernyataan tersebut.

Pernyataan tersebut mengungkapkan bahwa kehadiran Hamas sebagai dukungan atas peran penting Iran dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk merebut hak mereka dalam perlawanan terhadap pendudukan Israel.

Dalam pernyataannya, Hamas juga menekankan keinginannya untuk memperkuat hubungan dengan Teheran setelah lima tahun berselisih karena karena perbedaan konflik di Suriah.

Pada 19 Mei lalu Rouhani -yang berasal dari kubu reformis Iran – memenangkan 23,5 juta suara dari 41 juta suara pemilih, mengalahkan saingannya Ebrahim Raisi. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | WeblinK : http://aa.com.tr/en/middle-east/hamas-delegation-to-attend-iran-leader-s-inauguration/876409

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here