Dewan Keamanan PBB berencana membatalkan keputusan Trump atas Kota Jerusalem

810
Bendera Israel dan AS dipasang di atap sebuah bangunan permukiman Israel di Jerusalem. (AFP). / AFP PHOTO / AHMAD GHARABLI

Moslemtoday.com : Dewan Keamanan PBB sedang mempertimbangkan sebuah rancangan resolusi yang akan menegaskan bahwa setiap perubahan atas status kota Jerusalem tidak memiliki dampak hukum dan harus dibatalkan, sebagai tanggapan atas keputusan AS yang menyatakan bahwa Jerusalem sebagai ibukota Israel.

Mesir mengirimkan draf teks resolusi pada hari Sabtu dan para diplomat mengatakan bahwa dewan tersebut kemungkinan akan memberikan suara berdasarkan usulan tersebut yang akan diambil hari senin ini.

Dilansir dari Al-Arabiya, Senin, (18/12/17), Draf rancangan resolusi  tersebut menekankan bahwa Jerusalem adalah sebuah isu yang “harus diselesaikan melalui negosiasi” dan mengungkapkan penyesalan mendalam atas keputusan baru-baru ini mengenai status Jerusalem”.

Draf tersebut menegaskan bahwa setiap keputusan dan tindakan yang dimaksudkan untuk mengubah karakter, status atau komposisi demografis Jerusalem tidak memiliki efek hukum, tidak berlaku dan tidak berlaku lagi dan harus dibatalkan.

Para Diplomat memperkirakan bahwa Amerika Serikat akan menggunakan hak veto untuk memblokir rancangan resolusi tersebut sementara sebagian besar dari 14 anggota dewan lainnya diharapkan dapat mengembalikan rancangan resolusi tersebut.

Dewan Keamanan terdiri dari lima anggota tetap: China, Prancis, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat, serta 10 anggota tidak tetap. Sebuah hak veto dari salah satu dari lima anggota tetap akan menghalangi resolusi tersebut.

Amerika Serikat menemukan dirinya terisolasi di Dewan Keamanan pekan lalu ketika ke-14 anggota lainnya termasuk sekutu Inggris, Prancis dan Italia mengutuk keputusan tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya
Redaktur : Hermanto Deli

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here