Di Indonesia Digelari Wahabi, Di Qatar “Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab” Diabadikan Sebagai Nama Masjid Agung Negara Qatar

606

Moslemtoday.com : INGIN berkunjung ke Qatar? Negara ini memang makin populer lantaran didaulat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Jika Anda berkesempatan ke Qatar, maka jangan lupa untuk mengunjungi Masjid Agung Imam Muhammad bin Abdul Wahhab yang merupakan masjid terbesar di Qatar.

Nama masjid itu diberikan langsung atas perintah dari Emir Qatar Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani pada tahun 2011 yang merupakan ayah dari Emir Qatar saat ini, Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani.

“Pemberian nama ini sebagai bentuk penghormatan terhadap reformis dan ulama besar Syekh Muhammad bin Abdul Wahhab dalam menghidupkan kembali semangat pembaharuan Islam dan Arab,” kata Sheikh Hamad saat peresmian, seperti dikutip laman Gulf Times.

Masjid ini terletak di distrik Jubailat, Doha. Masjid seluas 175.164 meter persegi itu terletak di sisi utara di bagian tengah Doha kota, menghadap ke Qatar Sports Club. Sebanyak 11.000 jamaah pria dan 1.200 jamaah wanita cukup memasuki area shalat utama. Secara keseluruhan masjid dapat menampung 30.000 orang jamaah. Ada tiga pintu utama dan 17 pintu kecil di sisi-sisi masjid. Sebanyak 28 kubah besar menutupi aula pusat sementara 65 kubah segi empat penutup luar.

Syaikhul Imam Muhammad Bin Abdul Wahhab bin Sulaiman At-Tamimi adalah ulama besar di jazirah Arab, berasal dari suku Arab kuno Bani Tamim, dan keluarga penguasa Qatar saat ini juga berasal dari Bani Tamim, salah satu suku terbesar di Jazirah Arab.

Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab yang hidup pada tahun 1701 – 1793 merupakan seorang tokoh pembaharu. Dakwahnya adalah mengembalikan semua ajaran Islam kepada Al-Quran dan As-Sunnah, yang saat sekarang dikenal dengan istilah gerakan salafi. Sementara para pembenci dakwah Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab menggelarinya dengan istilah wahabi.

Kembali ke Masjid Imam Muhammad bin Abdul Wahhab, dibangun dengan arsitektur perpaduan Arab Tradisional dan Modern, terdiri dari total 93 kubah, beberapa di antaranya berada di atas mihrab.

Lebih rincinya, 65 kubah yang menghiasi bangunan luar dan 28 kubah besar menutupi bagian tengah. Masjid ini juga memiliki 20 pintu masuk yang terdiri dari 3 pintu utama dan 17 pintu samping. Garis-garisnya yang sederhana dan lengkungan yang anggun begitu menarik perhatian serta menjadi ciri khas tradisi arsitektur Islam.

Masjid ini memiliki tiga perpustakaan, ruang sholat dan wudhu terpisah untuk pria serta wanita, dan ada ruang khusus untuk menghafal Alquran. Anda dapat menyaksikan pemandangan Kota Doha, Qatar, yang mengesankan dari masjid ini. Bagian lantai dengan marmer berwarna tanah membuat jemaah tetap sejuk selama musim panas, sementara koridor yang ditutupi oleh kubah kecil menawarkan keteduhan.

Suasana Masjid Imam Muhammad bin Abdul Wahhab di Kota Doha, Qatar, betul-betul memberikan kenyamanan. Wallahu a’lam bisshawab.

Sumber : Gulftimes.com | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here