Diblokir Qatar, Arab Saudi Buat Website Baru untuk Pendaftaran Jamaah Umrah dari Qatar

199

Moslemtoday.com : Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi meluncurkan sebuah situs web baru untuk pendaftaran umrah di bulan suci Ramadhan bagi warga negara Qatar. Langkah ini dilakukan setelah pihak berwenang Qatar memblokir situs web sebelumnya yang menyebabkan warga negara Qatar tidak dapat mendaftar umrah.

“Tautan baru ini adalah bagian dari upaya pemerintah Arab Saudi untuk memudahkan prosedur pendaftaran umrah dan mengatasi semua hambatan yang mungkin dihadapi mereka untuk melakukan ibadah ini, bisa diakses melalui : https://qtumra.haj.gov.sa/” kata pernyataan Kementerian, seperti dilansir dari Al Arabiya, Kamis, (16/5/2019).

Dalam beberapa musim haji terakhir sejak blokade Teluk terhadap Qatar, Arab Saudi meluncurkan situs pendaftaran khusus untuk haji dan umrah bagi warga negara Qatar, mengalokasikan beberapa pesawat untuk mengangkut mereka ke Mekah dan bekerja untuk memastikan kesejahteraan mereka selama haji. Namun, Qatar tidak memberikan otorisasi bagi pesawat Saudi untuk mendarat di Bandara Internasional Hamad dan sebaliknya.

Di tahun 2018, Kementerian Urusan Islam Qatar menutup pendaftaran haji dan umrah untuk warga negaranya. Sebagai tanggapan, pemerintah Arab Saudi membuat situs web sendiri untuk pendaftaran warga negara Qatar. Namun situs tersebut kemudian dilaporkan telah diblokir oleh pihak berwenang Qatar.

Meskipun tautan tersebut diblokir, setidaknya 500 warga Qatar tiba di Arab Saudi melalui Kuwait untuk melakukan haji. Mereka disambut oleh pihak berwenang Saudi dan diberi bus khusus untuk mengangkut mereka ke Mekah serta diberi fasilitas khusus di kamp tenda Mina.

Walaupun boikot berlangsung, Arab Saudi menyatakan bahwa masalah dengan pemerintah Qatar tidak akan mempengaruhi warga negara Qatar yang ingin mengunjungi Mekah dan Madinah untuk melakukan haji dan umrah.

Di tahun 2019, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyediakan situs web khusus untuk jamaah Qatar di mana mereka dapat mendaftarkan data mereka dan melengkapi persyaratan mereka untuk berziarah secara langsung. Warga Qatar dapat mendaftar di https://qatariu.haj.gov.sa atau https://qtumra.haj.gov.sa/. Warga Qatar juga dapat mendaftar untuk ziarah musiman umrah di https://eservices.haj.gov.sa/eservices3.

Terlepas dari beberapa kemudahan yang diberikan oleh otoritas Saudi untuk memfasilitasi semua warga negara Qatar untuk melakukan haji dan umrah, Komite Hak Asasi Manusia Nasional Qatar mengklaim bahwa langkah-langkah itu “tidak memadai” dan menyerukan dicabutnya semua blokade darat, laut dan udara terhadap Qatar.

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here