Dilantik Raja Sultan Abdullah, Datuk Seri Anwar Ibrahim Resmi Menjadi PM Malaysia

59

Moslemtoday.com : Yang di-Pertuan Agong Raja Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al- Mustafa Billah Shah resmi melantik Datuk Seri Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri ke-10 Malaysia di Istana Negara, Kamis, 24 November 2022. Anwar Ibrahim telah diambil sumpahnya sebagai PM pada pukul 5 sore waktu setempat.

Datuk Seri Anwar Ibrahim yang merupakan Ketua Pakatan Harapan ditunjuk oleh Raja sebagai PM setelah drama pemilu yang mana tiga koalisi utama tidak ada yang memenuhi syarat mayoritas suara.

Tiga koalisi utama, yaitu Pakatan Harapan, Perikatan Nasional, dan Barisan Nasional masing-masing memenangkan 82, 73, dan 30 kursi, sehingga tidak ada yang memenuhi syarat untuk mengajukan PM.

Menurut konstitusi Malaysia, untuk mengajukan nama Perdana Menteri dan membentuk kabinet, partai atau koalisi harus memenangkan 112 suara dari 222 kursi parlemen.

Menanggapi kebuntuan drama pemilu tersebut, sebuah pertemuan khusus diadakan pada pukul 11 pagi pada hari Kamis, 24 November 2022. Pertemuan tersebut diadakan untuk memungkinkan Yang di-Pertuan Agong Raja Abdullah menunjuk nama calon dari koalisi yang ada untuk membentuk pemerintahan baru, dengan hasilnya Raja Abdullah menunjuk Datuk Seri Anwar Ibrahim sebagai PM Malaysia yang baru.

Sumber : The Star | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here