Dirjen Bimas Islam : Para Pemangku Ilmu Hadits Ditakdirkan Allah Menjaga Sunnah Nabi

1071

Moslemtoday.com : Menjaga Sunnah Nabi, secara literal tekstual dan spiritnya, merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya menjaga Alquran. Ilmu Hadits seperti kita tahu merupakan salah satu mahkota ilmu dalam Islam yang memiliki peran penting dalam menjaga keutuhan syariat Islam.

Demikian disampaikan Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mewakili Menteri Agama saat Wisuda ke-15 Tahun 2017 Pontren Darus Sunah di Ciputat, Tangerang Selatan, seperti dilansir dari laman Kemenag.go.id, Senin, (21/08/2017).

“Atas nama Kementerian Agama, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada para mahasantri wisudawan sarjana dalam Ilmu-Ilmu Hadits. Saudara-saudara para pemangku Ilmu Hadits adalah orang-orang yang ditakdirkan Allah untuk menjaga Sunnah Nabi dan mengajarkannya kepada masyarakat,” ujar Dirjen.

Muhammadiyah Amin menjelaskan,  metodologi Ilmu Hadits mengajarkan bukan hanya sekedar keragaman pandangan hukum, ketelitian dalam mencermati dalil, tetapi mendorong para ulama dan umat Islam untuk menjaga integritas keilmuan dalam menyeleksi dan menemukan dalil-dalil yang paling akurat sebagai dasar hukum dalam beribadah dan bermuamalah.

Menurutnya, seorang ahli ilmu Hadits yang baik tidak akan segan-segan meninjau kembali pendapat dan pendiriannya apabila di kemudian hari ditemukan rujukan dalil yang shahih, lebih kuat dan lebih memadai sebagai pegangan.

“Di pundak saudara-saudara sekalian melekat dua tanggung jawab, yaitu keilmuan dan dakwah. Saya percaya konsep pendidikan dan pengajaran yang diterapkan di Darus Sunnah ini mempersiapkan para mahasantri dan alumni untuk melaksanakan tanggung jawab keilmuan dan tanggung jawab dakwah, sehingga para alumninya menjadi orang yang berguna dan memberi manfaat bagi masyarakat dan kemajuan bangsa,” ujarnya.

Sumber : Kemenag.go.id

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here