Disaksikan Raja Salman, Ethiopia dan Eritrea Sepakat Akhiri Perang dan Tandatangani Perjanjian Damai

412
Ethiopia dan Eritrea Sepakat Akhiri Perang dan Tandatangani Perjanjian Damai

Moslemtoday.com : Eritrea dan Ethiopia sepakat mengakhiri perang dan menandatangani perjanjian damai yang diinisiasi oleh Raja Salman Bin Abdul Aziz Al-Saud. Upacara penandatanganan perjanjian damai diadakan di Jeddah, Arab Saudi, Ahad, (16/9/2018).

Perjanjian itu secara resmi mengakhiri perang lebih dari 20 tahun di antara kedua negara. Presiden Eritrea Isaias Afwerki dan Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed sepakat menandatangani perjanjian tersebut.

“Di antara kesepakatan perdamaian itu adalah Eritrea dan Ethiopia kembali membuka kantor kedutaan di ibukota masing-masing negara, membuka kembali titik perbatasan ke dua negara yang telah ditutup lebih dari 20 tahun, membuka kembali penerbangan di antara ke dua negara, dan sejumlah kerjasama ekonomi,” seperti dilansir dari Al Arabiya, Ahad, (16/9/2018).

Raja Salman menghadiahkan kedua pemimpin tersebut piagam “The Order of King Abdulaziz.”

Penandatanganan perjanjian itu juga juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Uni Emirat Arab Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad Bin Salman, dan sejumlah pejabat tinggi Eritrea dan Ethiopia.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi Saudi, termasuk Menteri Dalam Negeri Pangeran Abdulaziz bin Saud bin Nayef, Menteri Luar Negeri Adel Al-Jubeir, dan Duta Besar Arab Saudi untuk PBB Abdullah Al-Mualami. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya 

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here