Disebut Diktator Fasis, Presiden Erdogan Ambil Langkah Hukum Terhadap Anggota Parlemen Turki

558

Moslemtoday.com : Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengajukan tuntutan pidana terhadap seorang anggota parlemen Turki dari partai oposisi yang menyebut Presiden Erdogan sebagai “Pemimpin diktator fasis”.

“Kami telah mengajukan tuntutan hukum mengenai pernyataan Bulent Tezcan kepada kantor Kejaksaan Ankara atas kejahatan menghina presiden. Pernyataan Tezcan adalah seruan terbaru untuk menghina presiden, dan kita tidak dapat mentoleransi hal ini,” ungkap Pengacara Erdogan, Huseyin Aydin, seperti dilansir dari Reuters, Selasa, (31/10/2017).

Tezcan menyampaikan kritik keras terhadap Presiden Erdogan atas kebijakannya di Turki.  Bulent Tezcan, juru bicara Partai Rakyat Republikan yang menjadi partai oposisi arus utama di Parlemen Turki, menyerang kebijakan Erdogan sebagai “atmosfir yang menakutkan” bagi Turki.

Dalam pidatonya pada hari Senin di barat kota Tekirdag,  Tezcan telah mengatakan: “Jika Anda mencoba menakut-nakuti orang dan menciptakan atmosfir yang menakutkan dengan menunjukkan kekuatan hukum sebagai tindakan ilegal, Kami tidak akan takut. Anda tidak lebih hanyalah seorang diktator fasis,” ungkap Tezcan.

Pernyataannya langsung memicu reaksi keras dari kantor Kepresidenan Erdogan dan anggota parlemen dari Partai AK yang berkuasa. Ibrahim Kalin, Juru bicara Erdogan,  mengatakan bahwa pidato kebencian Tezcan adalah contoh aib untuk kelompok oposisi utama”.

Menurut Undang-undang Turki, menghina presiden adalah kejahatan yang dapat dihukum hingga empat tahun penjara di Turki. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Arabnews

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here