Disetujui Dewan Kerajaan, Arab Saudi Bersiap Kembangkan Reaktor Nuklir

926

Moslemtoday.com : Dewan Kerajaan Arab Saudi menyetujui kebijakan program pengembangan reaktor atom nuklir sebagai bagian dari program nasional kerajaan untuk mewujudkan Saudi Vision 2030 di bawah kepemimpinan Raja Salman bin Abdulaziz Alsaud dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman.

Dalam pengumuman kebijakan tersebut, Arab Saudi menekankan bahwa semua aktivitas pengembangan reaktor nuklir Arab Saudi dimanfaatkan untuk tujuan damai, sesuai dengan batasan yang telah ditentukan oleh perjanjian internasional, seperti dilansir dari Al Arabiya, Selasa, (13/3/18).

Berikut pengumuman kebijakan nasional Arab Saudi tentang Program Energi Atom Nuklir Kerajaan Arab Saudi yang dirilis Kantor Berita Resmi, Saudi Press Agency :

Dewan Kerajaan menyetujui kebijakan nasional mengenai Program Energi Atom Kerajaan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Membatasi semua kegiatan pengembangan atom nuklir untuk tujuan damai, dalam kerangka kerja dan hak yang telah ditentukan oleh undang-undang, perjanjian dan konvensi internasional.
  2. Mematuhi prinsip transparansi dalam aspek regulasi dan operasional.
  3. Memiliki standar keselamatan nuklir dan di tempat fasilitas nuklir dan radiologis, sesuai dengan kerangka peraturan dan pengawasan independen.
  4. Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam nasional, termasuk minyak mentah nuklir dan penerapan standar global dan praktik internasional pengelolaan limbah radioaktif.
  5. Mencapai keberlanjutan melalui pengembangan produksi lokal di sektor energi atom.

Arab Saudi, eksportir minyak utama dunia, menginginkan tenaga nuklir dapat digunakan untuk mendiversifikasi campuran pasokan energinya. Program pengembangan reaktor nuklir ini telah mendapatkan momentum sebagai bagian dari Saudi Vision 2030, sebuah program reformasi ekonomi yang ambisius yang diluncurkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya, Saudi Press Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here