Ditanya Tentang Krisis Qatar, Menlu Al Jubeir : “Hanya Masalah Kecil Dibanding Krisis Regional Lainnya”

729

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Saudi, Adel al-Jubeir, mengatakan bahwa krisis dengan Qatar hanya masalah kecil dibandingkan dengan krisis regional penting lainnya di kawasan Timur Tengah. Al Jubeir lebih tertarik menyoroti krisis di Yaman, Lebanon, Jerusalem, Irak dan Suriah dibanding membahas krisis dengan Qatar.

“Situasi di Qatar hanya masalah kecil dibandingkan dengan krisis regional penting lainnya. Yang kami inginkan hanyalah membiarkan mereka sendirian dan berhenti menggunakan platform media mereka sebagai sarana untuk menghasut kebencian terhadap kami,” ungkap Al Jubeir, seperti dilansir dari Al Arabiya, Sabtu, (24/2/18).

Al-Jubeir mengatakan bahwa meskipun Qatar menandatangani sebuah kesepakatan untuk mengakhiri dukungan mereka terhadap terorisme, namun hal ini tidak sepenuhnya terpenuhi. Mereka harus menghentikan serangan melalui media-media mereka.

Menyoroti krisis di Timur Tengah, Al Jubeir mengatakan bahwa negara-negara GCC menghadapi masalah regional yang besar terutama dengan Iran. Ekspansi Iran di wilayah  tersebut telah membuat tantangan besar di Suriah, Irak dan Lebanon.

Al Jubeir mengatakan bahwa Iran adalah satu-satunya bahaya terbesar yang tidak hanya di kawasan ini, tapi juga dunia. “Kami melihat aktivitas negatif Iran di seluruh wilayah. Misalnya, di Lebanon kita melihat Teroris Hizbullah dan di Suriah, mereka telah mengirim milisi-milisinya.”

Sementara itu, tentang krisis di Yaman, Al Jubeir mengatakan bahwa milisi Houthi telah berulang kali meluncurkan serangan rudal balistik ke Arab Saudi yang telah berhasil digagalkan oleh Angkatan Pertahanan Udara Arab Saudi. Serangan rudal ini telah membuktikan keterlibatan Iran lebih jauh dalam konflik perang di Yaman. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur: Hermanto Deli
Hak Cipta © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here