Dituduh Targetkan Sekolah Anak-Anak di Yaman, Ini Jawaban Koalisi Arab Saudi

1047

Media-media Barat menyebut bahwa koalisi militer Arab Saudi telah menjatuhkan roket di sebuah sekolah di utara Yaman. Media juga menyebut bahwa sedikitnya ada 10 anak yang meninggal dalam serangan tersebut.

Korban juga diklaim berasal dari sebuah sekolah di wilayah Haidan, wilayah yang dikuasai pemberontak Hutsi. Selain korban meninggal, tak kurang dari 28 orang lainnya juga terluka dalam serangan pada Sabtu (13/8/2016) tersebut.

Mendapati pernyataan tersebut, koalisi Arab Saudi langsung memberikan respon. Melalui Jubirnya, Brigjen Ahmad Assiri, koalisi memberikan bantahannya.

Assiri mengatakan serangan menghantam sebuah kamp pelatihan Houthi, membunuh pejuang milisi termasuk pemimpin diidentifikasi sebagai Yehya Munassar Abu Rabua.

“Situs yang di bom adalah sebuah kamp pelatihan utama bagi milisi,” katanya kepada AFP. “Mengapa anak-anak akan berada di sebuah kamp pelatihan? ” Assiri menegaskan kamp tesebut digunakan pemberontak Houthi yang didukung Iran melatih tentara di bawah umur.

Al-Assiri juga mengatakan bahwa pemerintah Yaman telah mengkonfirmasi kepada koalisi Arab bahwa tidak ada sekolah di daerah tersebut.

Assiri menegaskan praktek Huthi ‘merekrut dan menundukkan anak-anak untuk teror .”

” Mereka [Houthi] menggunakannya sebagai pengintai, penjaga, utusan dan pejuang,” kata Assiri, mencatat laporan sebelumnya dari Human Rights Watch pada penggunaan pemberontak merekrut anak di bawah umur.

” Ketika jet menargetkan kamp pelatihan, mereka tidak bisa membedakan antara usia,” tambahnya.

Sumber : el-Ahram

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here