Diultimatum AS dengan 12 Tuntutan, Iran : Anda Siapa Sehingga Bisa Mengatur-atur Urusan Kami?

4906

Moslemtoday.com : Presiden Iran Hassan Rouhani membalas balik ancaman Amerika Serikat tentang 12 tuntutan perjanjian nuklir yang harus dilaksanakan Iran. Presiden Rouhani mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak berhak mencampuri urusan Iran dan dunia karena semua negara-negara telah bebas merdeka.

Dalam pernyataan yang disampaikan oleh kantor berita IRNA Iran, Rouhani mengatakan era Amerika Serikat membuat keputusan untuk seluruh dunia sudah berakhir.

“Negara-negara sudah merdeka. Kami akan melanjutkan jalan kami dengan dukungan bangsa kami. Anda siapa sehingga merasa berhak mengatur-atur urusan negara kami dan dunia?,” sindir Rouhani kepada AS, seperti dilansir dari Al Jazeera, Senin, (28/5/2018).

Amerika Serikat telah mengeluarkan 12 daftar tuntutan terhadap Iran pada Senin, (21/5/2018). Jika daftar tuntutan tersebut tidak dipenuhi, Iran akan menghadapi sanksi terberat dari Amerika Serikat sepanjang sejarah negara itu. (Baca jugaInilah 12 Daftar Ultimatum Amerika Serikat Terhadap Iran)

Daftar ultimatum dari Amerika Serikat tersebut membuat hubungan kedua negara semakin memanas setelah Presiden AS Donald Trump menyatakan penarikan diri AS dari kesepakatan nuklir Iran (JCOPA) yang dibuat pada tahun 2015.

Amerika Serikat menuntut Iran untuk membuat perubahan besar di bidang militer dan merubah kebijakan-kebijakannya di kawasan Timur Tengah. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here