DKM Masjid Al Ukhuwah BSD & MUMTASS Gelar Bakti Sosial dan Trauma Healing untuk Warga Korban Banjir

266

Moslemtoday.com : Sepekan pasca banjir besar di Perumahan Pesona Serpong, kelurahan Kademangan, kecamatan Setu Tangerang Selatan pada awal tahun 2020 lalu, tim gabungan tanggap darurat bencana banjir yang dikomandoi relawan DKM Masjid Al Ukhuwah, The Avani BSD Tangerang kembali menggelar serangkaian kegiatan kemanusiaan yang ditutup dengan aktivitas pelayanan pemulihan trauma atau trauma healing yang islami.

Pelayanan pemulihan trauma tersebut bertujuan untuk memulihkan rasa stress & trauma yang diderita oleh anak-anak akibat bencana banjir besar yang datang melanda yang telah merendam ratusan rumah mereka di awal tahun baru ini, akibat curah hujan yang tinggi dan meluapnya aliran air sungai Cisadane.

Suasana acara trauma healing (tausiyah anak muslim, games & pemberian hadiah)

Rangkaian kegiatan pelayanan trauma healing yang bernuansa islami tersebut diramaikan oleh sejumlah aktivitas, yaitu tausiyah islam ilmiah anak muslim yang disampaikan oleh Kak Yogi dengan tema, “Hikmah di balik musibah : Yuk mengenal Allah dan Rasul-Nya,”  yang berpesan kepada anak-anak dengan momentum datangnya musibah ini agar kita senantiasa sabar dan semakin mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala secara ikhlas, serta mengajak untuk mengamalkan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dengan cara yang benar, serta tetap bersemangat untuk terus belajar, meski dilanda keterbatasan akibat bencana banjir yang dideritanya.

Selain itu, kegiatan pemulihan trauma yang memfokuskan kepada anak-anak usia sekolah juga diramaikan oleh permainan atau games yang seru dan interaktif, serta kuis berhadiah yang dibawakan oleh tim pengajar dari sekolah islam TK & SDI As Salaf Tahfidzul Qur’an Serpong Tangsel yang bertujuan untuk menghibur anak-anak para korban bencana banjir agar mereka merasa bahagia & gembira, serta mampu melupakan ingatan buruk atau beban musibahnya yang lalu.

Akhirnya, acara ditutup dengan pembagian ratusan bingkisan hadiah berupa alat tulis, perlengkapan sekolah dan lain-lain yang akan diberikan oleh ibu-ibu panitia kajian atau majelis ta’lim (MT) Masjid Al Ukhuwah, BSD kepada para korban banjir yang terdiri dari anak-anak usia sekolah (TK & SD) yang kebetulan baru memasuki kegiatan belajar mengajar di awal tahun 2020 ini, agar mereka semakin semangat untuk belajar dan mengejar prestasi.

Bantuan korban banjir yg dikirim relawan Masjid Al Ukhuwah BSD ke Ciledug, Karawaci, Balaraja & Lebak Banten

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah relawan bencana banjir, perwakilan RT & RW setempat, dan perwakilan Kepala Camat Setu, Tangerang Selatan.

Bahkan Madih, Kasie. Kesos Camat Setu, Tangsel mengapresiasi ragam bantuan, baik berupa materi maupun rohani yang secara lengkap telah diberikan oleh para donatur & tim relawan tanggap bencana alam gabungan Masjid Al Ukhuwah BSD Tangerang.

Seperti kita ketahui, Perumahan Pesona Serpong, Kademangan – Setu Tangerang Selatan sering dilanda musibah banjir akibat lahan perumahannya yang rendah dan dekat dengan daerah aliran sungai atau masuk ke kategori kawasan wilayah penampungan air.

Banjir di awal tahun 2020 kemarin, disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan meluapnya sungai Cisadane, telah merendam ratusan rumah warga Pesona Serpong hingga ketinggian 3-4 meter yang dihuni oleh 250 KK atau sekitar 600 jiwa.

Adapun, kegiatan kemanusiaan aksi tanggap darurat bencana alam yang memadukan unsur dakwah & sosial (daksos) ini adalah kali pertama yang dilakukan oleh DKM Masjid Al Ukhuwah, The Avani BSD Tangerang yang dibantu oleh sejumlah elemen dakwah sunnah di area Serpong, Tangsel dan sekitarnya, yang atas izin Allah telah berhasil menyalurkan amanah umat berupa donasi & bantuan kemanusiaan seperti makanan siap saji, makanan kering, beras, pakaian layak pakai, obat-obatan, alat kebersihan, pelampung ban karet, dan lain-lain hingga mensuplai kebutuhan air bersih untuk para korban banjir & kebakaran di area Serpong & sekitarnya, dan di sejumlah lokasi banjir lainnya seperti di Ciledug, Karawaci, Balaraja hingga Lebak Banten.

Rangkaian kegiatan dakwah sosial (daksos) ini didukung oleh :
– DKM Masjid Al Ukhuwah, The Avani BSD Tangerang
– Tim Tanggap Darurat Bencana Alam, MAU BSD
– MUMTASS (Muamalah Syariah Serpong)
– Gabungan Majelis Ta’lim (MT) Kajian Sunnah Bermanhaj Salaful Ummah BSD
– TK/SDI As Salaf Tahfidzul Qur’an, Serpong Tangsel
– Para muhsinin atau donatur
– Masjid Nurul Iman Pos Pengumben

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here