Dokter Li yang Pertama Kali Memperingatkan Adanya Virus Corona Meninggal Dunia

1254

Moslemtoday.com : Dr. Li Wenliang sempat ditegur oleh pihak berwenang China karena mengeluarkan peringatan dini tentang adanya virus corona pada akhir desember lalu. Dr. Li akhirnya meninggal pada Jumat ini, (7/2/2020) setelah terserang virus tersebut.

“Dr. Li Wenliang, dokter mata berusia 34 tahun, sayangnya terinfeksi selama perang melawan epidemi virus corona. Kami sangat menyesali dan meratapi ini,” ungkap Direktur Rumah Sakit Pusat Wuhan dalam pernyataannya, seperti dilansir dari Al Arabiya, Jumat, (7/2/2020).

“Kami sangat sedih dengan meninggalnya Dr Li Wenliang. Kita semua perlu menghormati pekerjaan yang dia lakukan untuk melawan virus ini,” kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam pernyataannya.

Sebelum dr. Li berada dalam kondisi kritis, Rumah Sakit menerima hampir 500.000 komentar pada posting media sosialnya, banyak dari mereka berharap dr. Li akan sembuh. “Kami tidak akan tidur. Kami di sini menunggu keajaiban,” tulis postingan tersebut.

dr. Li termasuk di antara sejumlah profesional medis di Kota Wuhan yang berusaha memperingatkan rekan-rekan dan yang lain ketika pemerintah tidak melakukannya.

Pejabat kesehatan Wuhan memanggil dr. Li di tengah malam untuk menjelaskan mengapa dia berbagi informasi tersebut, dan polisi kemudian memaksanya untuk menandatangani pernyataan yang mengakui bahwa tindakannya itu ilegal.

dr. Li pernah mengatakan dalam wawancara baru-baru ini menanggapi wabah virus corona. “Jika para pejabat mengungkapkan informasi tentang epidemi lebih awal, saya pikir itu akan jauh lebih baik. Harus ada lebih banyak keterbukaan dan transparansi,” ungkap dr. Li. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here