Dokumen : Keterlibatan Iran dalam Mempersenjatai dan Melatih Milisi Houthi Terungkap Jelas

746

Moslemtoday.com : Sebuah dokumen laporan yang diterbitkan oleh ‘Center for Research on Armed Conflict’ di London mengungkapkan bahwa Iran belum berhenti mendukung milisi Houthi sampai hari ini sejak Houthi mengkudeta Pemerintah yang Sah di ibukota Sanaa, Yaman.

Keterlibatan Iran dalam mempersenjatai dan melatih milisi Houthi terungkap dengan jelas seteleh mereka menguasai lebih dari dua pertiga dari Yaman. Hal ini kemudian menjadai sorotan Koalisi Arab dalam salah satu dokumen mereka, dan juga menyatakan bahwa anggota Hizbullah telah mengawasi pelatihan milisi Houthi di Yaman.

Keterlibatan Iran mencapai puncaknya ketika memasok milisi Houthi dengan rudal balistik jarak jauh yang diselundupkan ke Yaman. Ini terjadi di tengah meningkatnya kekalahan pemberontak Houthi di medan perang serta perselisihan kuat mereka dengan pasukan pro-mantan presiden Saleh.

“Ini adalah rudal yang sama yang digunakan untuk menyerang tanah Saudi, dan juga rudal yang sama ketika upaya yang gagal untuk menyerang kota suci Mekkah,” ungkap laporan tersebut, seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (30/10/2017).

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa milisi Houthi menggunakan teknologi Iran. Rudal tersebut dipasok dengan pesawat tak berawak yang disebut Qasif. Houthi mengklaim bahwa mereka telah membuat pesawat tak berawak ini, namun kemudian diketahui bahwa pesawat tersebut adalah pesawat drumer Iran Ababeel1.

Kapal-kapal peledak yang dikendalikan melalui jarak jauh digunakan dalam beberapa operasi untuk melawan kapal-kapal koalisi bantuan kemanusiaan dan pemantauan. Bom kapal juga berasal dari Iran.

Semakin lama perang ini berlanjut, semakin lama Iran melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB no. 2216 yang mengutuk pengiriman senjata ke Milisi Houthi dan Saleh. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here