Dokumen Pribadi Syeikh Osama bin Laden Ungkap Hubungan Antara Al-Qaeda, Ikhwanul Muslimin dan Iran

2647

Moslemtoday.com : Badan InteIijen Amerika (CIA) kembali merilis dokumen pribadi milik Syeikh Osama bin Laden yang diperoleh saat menggerebek kediaman Syeikh Osama  pada 2011 di Abbottabad, Pakistan. CIA merilis dokumen tersebut untuk berbagi informasi dengan publik tentang rencana lebih lanjut dan cara kerja organisasi Al-Qaeda.

Salah satu dokumen setebal 19 halaman berisi penilaian militan senior Al Qaeda mengenai hubungan kelompok tersebut dengan Iran, yang menggambarkan sebuah tawaran oleh Iran untuk mereka.

Dokumen tersebut menjelaskan bahwa Iran menawarkan semua yang mereka butuhkan, termasuk : uang, senjata dan pelatihan di kamp-kamp Hizbullah di Lebanon. Sebagai tawarannya Al-Qaeda akan menyerang kepentingan Amerika di Arab Saudi dan Teluk.

Abu Hafs al-Mauritani, seorang ideolog Al-Qaeda berpengaruh sebelum serangan 9/11, membantu menegosiasikan tempat yang aman bagi rekan-rekan jihad mereka di Iran. Namun orang-orang Al Qaeda melanggar persyaratan kesepakatan tersebut dan Iran akhirnya menindak jaringan jihadis Sunni dan menangkap beberapa anggotanya.

Dokumen tersebut menjelaskan bahwa al-Qaeda tidak berperang dengan Iran karena mereka memiliki beberapa persamaan kepentingan, seperti sama-sama menjadi musuh Amerika.

Dokumen Bin Laden juga menunjukkan bahwa kedua belah pihak memiliki perselisihan yang hangat. Ada permusuhan antara keduanya. Al-Qaeda bahkan menulis sebuah surat kepada Ayatollah Khamenei yang menuntut pembebasan anggota mereka yang ditahan di penjara Iran.

Berkas lainnya menunjukkan, Al-Qaeda pernah menculik seorang diplomat Iran untuk ditukar dengan militan mereka yang ditahan. Usamah bin Laden sendiri memiliki rencana untuk melawan pengaruh Iran di seluruh Timur Tengah, yang dipandangnya telah merusak.

Namun, bin Laden mendesak agar hati-hati saat mengancam Iran. Dalam sebuah surat yang dirilis sebelumnya, bin Laden menggambarkan Iran sebagai tumpuan utama Al-Qaeda untuk dana, personil, dan komunikasi. Dan terlepas dari perbedaan mereka, Iran terus memberikan dukungan penting untuk operasi al-Qaeda.

CIA mengarsipkan dokumen milik Syeikh Osama bin Laden dan mengungkapkan permulaan ideologis bin Laden yang berasal dari gerakan Ikhwanul Muslimin. “Saya berkomitmen teguh dengan Ikhwanul Muslimin, terlepas dari pemikiran mereka yang terbatas,” ungkap Syeikh Osama Bin Laden dalam salah satu catatannya.

“Pertama kali saya memikirkan jihad, pada jalan kehidupan Anda, adalah ketika saya di sekolah menengah. Saya belajar agama sejak usia muda, saya terus berdoa dan ibu saya mendidik saya dengan aspek lain. Tidak ada yang membimbing saya seperti ini selain Ikhwanul Muslimin,” puji Syeikh Osama dalam catatannya yang ditulis tangan langsung. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here