Donald Trump Yakin Perdamaian Dapat Terwujud antara Israel-Palestina

667

Moslemtoday.com : Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengaku memiliki alasan-alasan baru untuk harapan bahwa perdamaian dan stabilitas dapat tercapai di Timur Tengah. Pernyataan itu diungkapkan Trump kemarin saat tiba di Israel setelah meninggalkan Arab Saudi dalam lawatan luar negerinya.

Trump menggelar pertemuan terpisah dengan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam kunjungan itu. Trump kemarin juga berdoa di Dinding Ratapan dan mengunjungi Gereja Holy Sepulchre di Yerusalem.

“Selama perjalanan saya dalam beberapa hari terakhir, saya telah menemukan alasan-alasan baru untuk harapan,” papar Trump dalam pidato singkat saat kedatangannya di Israel kemarin. Trump menambahkan bahwa sebelumnya mereka memiliki peluang langka untuk membawa keamanan, stabilitas, dan perdamaian ke kawasan ini dan rakyatnya, mengalahkan terorisme dan menciptakan masa depan harmoni, sejahtera dan damai, tapi kami hanya dapat ke sana dengan bekerja sama. Tak ada cara lain.

Meski demikian, Netanyahu mengulangi permintaan pemerintahannya pada Palestina, termasuk pengakuan Israel sebagai negara Yahudi. “Mungkin perjalanan pertama Anda ke wilayah kami membuktikan tonggak sejarah menuju rekonsiliasi dan perdamaian,” ungkap Netanyahu. Selama kunjungan Trump di Riyadh, dia mendapat sambutan hangat dari para pemimpin Arab yang fokus pada keinginan Trump mengurangi pengaruh Iran di kawasan tersebut.

Trump berjanji melakukan apa pun untuk mendorong perdamaian antara Israel dan Palestina, tapi dia hanya memberi indikasi kecil tentang bagaimana dia dapat memulihkan kembali negosiasi yang terhenti pada 2014. Saat Trump bertemu Abbas bulan ini di Washington, Presiden AS tidak secara langsung menegaskan komitmennya pada solusi dua negara untuk mengakhiri konflik Timur Tengah.

Video Dokumentasi :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here