Dr. Mahathir Mohamad Mundur Sebagai PM Malaysia

487

Moslemtoday.com : Dr. Mahathir Mohamad mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Malaysia, Senin, 24 Februari 2020. Surat pengunduran diri Dr. Mahathir telah disampaikan kepada Raja Malaysia Yang Dipertoean Agong Sultan Abdullah Riayatuddin Mustafa Billah Shah pada pukul 13.00 waktu Kuala Lumpur.

Tak lama setelah itu, Dr. Mahathir juga mengundurkan diri sebagai ketua Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu).

“Surat itu dikirim ke markas Bersatu hari ini,” ungkap pernyataan kantor Partai Bersatu, seperti dilansir dari Channel News Asia, Senin, (24/2/2020).

Pengunduran diri Dr. Mahathir sangat mengejutkan di tengah meningkatnya spekulasi retaknya Koalisi Mahathir-Anwar Ibrahim yang membentuk Koalisi Pakatan Harapan dimana Partai Bersatu dilaporkan akan keluar dari koalisi tersebut dan membentuk aliansi baru dengan Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), Parti Islam Se-Malaysia (PAS) dan lainnya.

Dr Mahathir adalah perdana menteri keempat Malaysia dari 1981 hingga 2003, ketika ia memimpin UMNO. Dr Mahathir keluar dari UMNO pada 2016 dan membentuk Partai Bersatu di tahun yang sama dan menjadi Pemimpinnya.

Pada pemilu 2018, Dr Mahathir dengan Dr. Anwar Ibrahim membentuk Koalisi Pakatan Harapan (PH) dan berhasil memenangkan pemilu pada Mei 2018. (DH/MTD)

Sumber : Channel News Asia, Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here